TOP NEWS

Top

Wawali : Indikator Keberhasilan Program 100 Hari Harus Diperjelas

Wawali : Indikator Keberhasilan Program 100 Hari Harus Diperjelas

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Setelah menerima kunjungan Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Samarinda yang memberikan apresiasi atas keberhasilan pembangunan dalam program kerja 100 hari Wali Kota Dr. H. Andi Harun dan Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr. H. Rusmadi Senin (31/5/2021) pagi, sore harinya dilanjutkan dengan evaluasi pelaksanaan program-program tersebut. Kegiatan evaluasi yang dipimpin Wawali Rusmadi itu dengan mengumpulkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Intinya, semua OPD terkait diminta untuk melakukan pemetaan terkait indikator keberhasilan progam kerja 100 hari sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang melekat di OPD masing-masing.

"Hari ini kita memasuki hari ke-95. Jadi tinggal lima hari lagi, kita genap 100 hari kerja. Rapat kita ini dimaksudkan untuk membangun kriteria dan indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan," ujar Wawali Rusmadi.

Terutama lanjut dia, untuk memtakan program mana saja yang sudah berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh warga. Kemudian program yang sudah selesai 100 persen, program kerja dengan progres di bawah 100 persen, serta program kerja yang belum dijalankan sama sekali.

"Misalkan program pemindahan TPS (Tempat Pembuangan Sementara, Red). Dari rencana 116 TPS yang harus dipindahkan, enam di antaranya belum direalisasikan pemindahannya. Baru 111 yang sudah dipindahkan. Tapi intinya kita bukan hanya sekadar berhasil memindahkan TPS. Tapi juga mengurangi volume sampah," ungkapnya.

Yang juga tak kalah penting lanjut dia, adalah semua ini tidak hanya untuk mengejar 100 hari. Tetapi harus bisa menjadi budaya bersama, termasuk budaya untuk tertib membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Begitu juga untuk PKL (Pedagang Kaki Lima, Red), masalah parkir, persoalan banjir, hingga  program sekolah tangguh di tengah pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019, Red)," pungkas Rusmadi. (HER/KMF-SMD)