TOP NEWS

Top

Buka Workshop, Tejo Ajak Budayakan Mental Sebagai Pelayan Masyarakat

Buka Workshop, Tejo Ajak Budayakan Mental Sebagai Pelayan Masyarakat

SAMARINDA. Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda, Tejo Sutarnoto mengatakan pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat merupakan wujud nyata dari keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Menurut dia, tidak dapat dipungkiri, pelayanan publik bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman.

 

"Kita sama-sama mengetahui bahwa di era sekarang ini sering disebut dengan istilah zaman now dan pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019, Red), di mana masyarakat sangat bergantung pada gadget dan teknologi informasi," ucap Tejo dalam sambutan mewakili Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun pada kegiatan Workshop Persiapan Evaluasi dan Penilaian Pelayanan Publik, Selasa (27/4/2021) siang.

 

Kata dia, ada tiga kunci sukses dalam perbaikan kualitas pelayanan publik. Pertama, bagaimana memperbaiki sarana dan prasarana fisik dalam memberikan pelayanan  walaupun dalam kondisi keterbatasan dana. Kemudian yang kedua, bagaimana meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pemberi layanan, dan yang ketiga, bagaimana mengubah mindset atau budaya kerja sebagai pelayan masyarakat.

 

"Untuk meraih kunci sukses ini, kita semua harus berani berubah dalam segala hal baik secara pribadi maupun secara kelembagaan pemerintahan. Bangun birokrasi yang cepat dan tepat sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan, tinggalkan budaya kerja yang manual, bekerja dengan perkembangan teknologi dan informasi," pesannya.

 

Tejo berharap apapun hasil dari kegiatan evaluasi dan penilaian yang dilakukan tim, agar dijadikan motivasi untuk  berbenah serta belajar dan terus memperbaiki diri agar bisa lebih baik lagi ke depan. Perbaikan unit penyelenggaraan pelayanan publik, menurutnya harus menumbuhkan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Spirit tersebut perlu terus ditumbuhkan, dijaga, dan ditularkan agar optimisme tersebut mampu mengubah dan membentuk mental ASN yang melayani.

 

"Ikuti kegiatan ini dengan penuh disiplin dan tanggung jawab untuk kepentingan organisasi maupun masyarakat agar pelaksanaan reformasi birokrasi Pemkot Samarinda berjalan dengan baik. Lakukan perubahan secara bertahap untuk mewujudkan kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik," tandas Tejo.

 

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setda Kota Samarinda, Irmina Idang menyampaikan pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 27 April 2021 sampai dengan 29 April 2021, dengan materi di antaranya tata cara memasukkan data bukti fisik yang berkaitan dengan dokumen pelayanan publik dan kebijakan kegiatan pelayanan publik.

 

"Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pembekalan dalam pelaksanaan evaluasi dan penilaian kinerja pelayanan publik berbasis elektronik," terang Idang. (FER/HER/KMF-SMD)