TOP NEWS

Top

Ziarah Ke Makam Daeng Mangkona Tanpa Arak-Arakan

Ziarah Ke Makam Daeng Mangkona Tanpa Arak-Arakan

SAMARINDA-Setelah berziarah ke makam Walikota pendahulu di TMP jalan Pahlawan, Walikota Samarinda Syaharie Jaang Bersama Wakil Wali Kota Samarinda Muhammad Barkati beserta rombongan juga melaksanakan ziarah ke makam La Mohang Daeng Mangkona pendiri Samarendah, jalan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang, Rabu (20/1) Pagi.

 

Kegiatan ini sendiri merupakan tradisi dalam rangkaian memperingati hari jadi Kota Samarinda yang tahun masuk ke usia 353 tahun dan Pemerintah Kota ke 61.

 

Ada yang berbeda dalam tradisi ziarah kali ini. Karena di masa pandemi, maka dilakukan tanpa ada arak arakan mulai dari pelabuhan sampai ke makam seperti tahun sebelumnya. Bahkan upacara penyambutan juga ditiadakan, sehingga tidak ada lagi  pembacaan naskah  sejaran berdirinya Kota Samarinda. Yang ada hanya menabur bunga hingga melaksanakan tahlil dan berdoa bersama.

 

Rangkaian HUT Samarinda masih terus berlanjut hingga  Kamis (21/1) besok. Seperti biasa, di momen hari jadinya Pemkot Samarinda akan menggelar upacara ulang tahun di lanjut sidang paripurna DPRD secara virtual. Lalu lanjut hari  Jumatnya, Wali Kota Syaharie Jaang beserta rombongan kembali akan berziarah ke makam mantan Walikota ke 4 almarhum Anang Hasyim juga mantan Wakil Walikota almarhum Nusirwan Ismail.

 

Terpisah, Wakil Wali Kota Samarinda, Muhammad Barkati menyampaikan jika rangkaian HUT tahun ini dilaksanakan secara berbeda dari tahun sebelumnya.

 

“Tahun ini  bersamaan dengan Pandemi Covid-19, jadi saya himbau rombongan yang ikut untuk tetap mengikuti prosedur Protokol Kesehatan yang ada, jangan sampai menjadi klaster baru.” Tutup Barkati

 

Turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi, Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Asisten I Setkot Tejo Sutarnoto, Asisten II Setkot Nina, Asisten III Setkot Ali Fitri, Seluruh Kepala OPD, Forkopimda, juga TNI-Polri. (fan/cha/kmf-smd)