TOP NEWS

Top

Balakarcana Terus Berkembang, Kini 42 Satuan Tersebar Siaga di 10 Kecamatan

Balakarcana Terus Berkembang, Kini 42 Satuan Tersebar Siaga di 10 Kecamatan

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Keberadaan Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) Kota Samarinda patut diapresiasi atas kontribusi terhadap penanganan kebakaran dan bencana di kota Samarinda yang dari tahun ke tahun jumlah terus berkembang.

Demikian terungkap dalam audiensi Balakarcana kota Samarinda dengan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang didampingi Asisten III Sekretariat Kota Samarinda Dr Ali Fitri Noor di ruang tamu VIP Wali Kota, Senin (6/9/2021).

Ketua Balakarcana Kota Samarinda Suharno melaporkan keanggotaan Balakarcana telah bekembang dimana sebelumnya terbentuk 16 satuan, saat ini sudah mencapai 42 satuan yang tersebar di 20 Kelurahan dalam 10 Kecamatan.

Ia juga menyampaikan, pihaknya sudah melakukan rapat dan akan melaksanakan Musyawarah Besar ke III pada Oktober diikuti sebanyak 32 Kepala Unit Satuan dan sisanya masih dalam proses menunggu Surat Keputusan (SK) dan diikuti sebanyak 100 orang peserta.


“Dalam satu Kepala Unit (Kanit) itu ada yang memiliki anggota sebanyak 50 orang, jadi kalau kita total dalam 42 Satuan ini bisa mencapai 2.000-an orang, karena pandemi kita jadi batasi mengambil 5 orang dari masing – masing satuan sehingga menjadi 100 orang yang hadir pada mubes mendatang,” ungkap Suharno.

Ia menambahkan Balakarcana hingga saat ini selalu mandiri dalam urusan keuangan, setiap mengadakan mubes dengan swadaya, maka itu ia memohon kepada Wali Kota Samarinda untuk membantu menyediakan tempat agar Mubes dapat dilaksanakan.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Samarinda langsung memerintahkan segera mengajukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar bisa dibantu untuk tempat pelaksanaannya.

“Siapkan saja rancangannya, disusun RAB-nya yang rasional, teman–teman Balakarcana tidak usah mikir, nanti saya yang akan carikan duitnya dan bantu pelaksanaannya,” tutup Andi Harun. (FER/DON/KMF-SMD)