TOP NEWS

Top

Apresiasi Parpol Gelar Vaksinasi Massal, Andi Harun Sebut Langkah Bersama Percepat Herd Immunity

Apresiasi Parpol Gelar Vaksinasi Massal, Andi Harun Sebut Langkah Bersama Percepat Herd Immunity

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun mengapresiasi semua pihak termasuk partai politik (parpol) yang melaksanakan vaksinasi massal sebagai langkah bersama dengan pemerintah dalam mempercepat herd immunity alias kekebalan komunal. Hal ini disampaikan Andi Harun ketika meninjau kegiatan Vaksinasi Massal Corona Virus Disease Disease 2019 (Covid-19) Partai Gerindra di Aula Gedung Serbaguna GOR Segiri Samarinda, Selasa (28/9/2021) pagi.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada partai-partai yang melaksanakan vaksinasi massal di Kota Samarinda. Sebelumnya ada Partai Demokrat, hari ini Partai Gerindra dan juga partai-partai lainnya,” ucap Andi Harun kepada wartawan.

Menurut Andi Harun, yang dilakukan ini baik dari TNI dan Polri, pemerintah, masyarakat, partai politik hingga organisasi profesi, bermuara pada tujuan yang sama, agar di Kota Samarinda terbentuk secara cepat kekebalan komunal.

“Karena kita ingin kehidupan ekonomi, sosial, dan lain-lain yang saat ini sudah dibuka secara bertahap terus bisa dilakukan normal ke depan. Di satu sisi kesehatan masyarakat terbentuk atau terproteksi, di sisi lain kehidupan ekonomi masyarakat kembali normal,” ungkap Andi Harun.

Oleh sebab itu lanjut dia, ada dua hal yang dapat dilakukan agar kehidupan normal  berdampingan dengan situasi pandemi Covid-19. Pertama sebutnya, dilakukan vaksinasi massal di setiap daerah di Indonesia, termasuk Samarinda yang bertekad dalam waktu dekat mencapai 40 persen menuju ke minimum 70 persen.


“Yang kedua kita perketat memakai masker. Memakai masker di mana pun dan kapan pun harus menjadi kebiasaan karena tidak ada satu bangsa di dunia pun yang bisa memperkirakan kapan Covid-19 akan berakhir. Pakai masker di mana pun, kalau tidak bisa 5M ya 3M atau minimal 1M, yaitu memakai masker,” tegasnya.

Kemudian sambung Andi Harun yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim ini, bagaimana mendorong dan menggerakan semua lini masyarakat termasuk partai politik untuk mengambil inisiatif melaksanakan vaksin massal sehingga terbentuk secara cepat 70 persen penduduk kota yang telah melakukan vaksin.

“Dengan demikian, maka kita sudah siap hidup berdampingan dengan Covid-19,” tukasnya.

Sementara Rudiansyah, Tenaga Ahli Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kaltim G Budisatrio Djiwandono menyebut kegiatan vaksinasi massal 1.000 dosis Sinovac yang merupakan aspirasi dari Budisatrio Fraksi Gerindra DPR RI ini akan terus berlanjut.

“Kita akan terus mendukung pemerintah Kaltim termasuk Kota Samarinda untuk percepatan kekebalan komunal seperti harapan dari Pak Budisatrio. Setelah ini akan ada lagi 1.000 dosis dan pertengahan Oktober sudah dipersiapkan 6.500 dosis,” ucap Rudiansyah.

Selain itu lanjut Rudiansyah, apa yang dilakukan ini seperti yang diharapkan wali kota Samarinda untuk bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat dalam mempercepat terbentuknya herd immunity. (DON/HER/KMF-SMD)