TOP NEWS

Top

Dinkes Gelar Evaluasi Program Kesehatan

Dinkes Gelar Evaluasi Program Kesehatan

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Kesehatan Kota Samarinda menggelar Pertemuan Evaluasi Program Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Tahun 2021 di Hotel Grand Victoria Samarinda, Kamis (23/12/2021) siang tadi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Samarinda dr Irama Fitamina Majid mengatakan berbicara tentang kesehatan lingkungan sudah tentu berbicara sanitasi. Tujuan sanitasi agar masyarakat Kota Samarinda terhindar dari dampak yang berpengaruh pada lingkungan, baik itu fisik, udara dan tanah.

“Kalau kita sehat otomatis turunan kita juga sehat, kalau lingkungan sehat otomatis sanitasinya pasti sanitasi yang bersih dan sehat,” tutur Irama.


Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sanitasi yang baik sambung Irama, merupakan hal mutlak yang harus diterapkan pada seluruh pembangunan sanitasi dalam perspektif kesehatan masyarakat. Kondisi sanitasi yang buruk menurutnya tidak hanya menimbulkan penyakit tetapi bisa berdampak pula pada ibu hamil. 

“Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghendaki angka stunting tahun 2024 berkisar 14 persen, artinya Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten mendukung upaya prioritas tersebut, kalau sanitasinya buruk dan bayi balita sering terjadi diare otomatis nutrisi berkurang kesakitannya bertambah dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal,” katanya lagi.


Dia melanjutkan, semua aspek kesehatan itu bersinggungan dan berkolaborasi dari lintas program serta lintas sektoral dan otomatis ada peran serta masyarakat. Maka itu menurutnya program kesehatan lingkungan itu sebuah upaya kesehatan berbasis masyarakat.

“Kalau Dinkes, Puskesmas dan Rumah Sakit peduli tetapi masyarakatnya tidak peduli bisa jadi sanitasi kita tidak akan berubah. Mudah-mudahan dengan adanya evaluasi ini ada perubahan bagaimana kita memahami sanitasi tersebut,” ungkap Irama.


Kegiatan Evaluasi ini juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran yang memperoleh juara I pada lomba Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) tingkat Provinsi Kaltim kategori lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) serta pemberian penghargaan kepada tim Tenaga Kesehatan (Nakes) oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni. (FER/DON/KMF-SMD)

Berikut daftar nama-nama penerima penghargaan.

  1. Sanitarian Berprestasi :
  2. Nur Yunika Ulfa (Puskesmas Segiri)
  3. Rina Widayanti (Baqa)
  4. Muhammad Ihsan (Makroman)
  5. Muhammad Fauzan (Sidomulyo)
  6. Ramadhanu Isman (Loa Bakung)
  7. Lusiana (Air Putih)

Petugas Kesehatan Kerja / Kesehatan Olahraga (Kesorga) Berprestasi :

  1. Petugas K3 Mangkupalas
  2. Petugas K3 Samarinda Kota
  3. Petugas K3 Sidomulyo
  4. Petugas Kesorga Sempaja
  5. Petugas Kesorga Baqa
  6. Petugas Kesorga Air Putih

Penghargaan Kepada Kelurahan yang mengikuti LBS :

  1. Kelurahan Rawa Makmur
  2. Kelurahan Gunung Panjang
  3. Kelurahan Tanah Merah
  4. Kelurahan Sidomulyo
  5. Kelurahan Harapan Baru
  6. Aktifis/Pemerhati LBS/PHBS Rudi Aris
  7. Ketua Kader LBS Rawa Makmur
  8. Ketua Kader PHBS Rawa Makmur
  9. Camat Kecamatan Palaran

Kader PKK sebagai Kader Kesling menjadi Enumerator terpilih :

  1. Kader Kelurahan Sidodadi
  2. Kader Kelurahan Sidodamai
  3. Kader Kelurahan Dadimulya
  4. Kader Kelurahan Sungai Dama
  5. Kader Kelurahan Sindang Sari
  6. Kader Kelurahan Selili

Tempat Pengolahan Pangan yang Peduli dengan Penerapan Protokol Kesehatan :

  1. Restaurant Mc Donal Jalan S Parman
  2. Restaurant Hotel Mercure Samarinda
  3. Restaurant Hotel Bumi Senyiur Samarinda
  4. Restaurant Hotel Harris Samarinda
  5. Catering CV Nurainda Samarinda