TOP NEWS

Top

Wali Kota Samarinda Buka Seminar Nasional Maritim

Wali Kota Samarinda Buka Seminar Nasional Maritim

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Wali Kota Samarinda  Dr H Andi Harun yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) membuka Seminar Nasional Maritim dalam rangka Hari Nusantara 2021, Senin (13/12) Sore.

Seminar yang berlangsung secara virtual ini, Wali Kota mengangkat tema kultur masyarakat bahari dan ekonomi digital. Dimana menurut Andi Harun tema tadi sangat tepat mengingat kompleksitas kultur atau budaya bahari khususnya yang berkaitan dengan keragaman katagori sosial yang terlibat dalam pemanfaatan sumberdaya laut dan keragaman mata pencarian sangat berhubungan dengan laut. 


“Proses perkembangannya tingkat integritas berbeda-beda baik secara geografis maupun secara politis, ekonomi, sosial dan kultural. Dan yang tidak kalah pentingnya adaptasi dari sistem ekonomi konvensional menuju ekonomi digital haris menggunakan bantuan internet ,”kata Wali Kota.

Ketua Aspeksindo juga menambahkan, Pemerintah Republik Indonesia berkewajiban melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia sebagai dasar hukum yang dipakai untuk mengatur masalah kelautan Pemerintah Republik Indonesia. Dimana Republik Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam suku, bangsa dan budayanya.

“Dengan dilaksanakannya seminar Nasional Maritim kali ini yang digagas oleh Aspeksindo bersama mitra kerja diharapkan menjadi roadmap untuk menjembatani disparitas pembangunan ekonomi antara kawasan darat dan dengan kawasan pesisir juga kepulauan.” Jelasnya. (FAN/CHA/KMF-SMD)