TOP NEWS

Top

Lirik Bisnis UMKM, Wali Kota Ajak DWP Manfaatkan Platform Digital

Lirik Bisnis UMKM, Wali Kota Ajak DWP Manfaatkan Platform Digital

SAMARINDA. KOMINFONEWS –  Jajaran pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) kota Samarinda dan DWP OPD – se kota Samarinda diminta untuk mulai melirik bisnis UMKM sebagai upaya penguatan ekonomi dan ketahanan keluarga yang berkolerasi pula terhadap upaya membangun penguatan bangsa.

Hal ini disampaikan Wali Kota Samarinda yang juga Penasehat DWP Kota Samarinda Dr H Andi Harun dalam sambutannya pada Puncak Peringatan HUT DWP ke 22 tahun 2021 tingkat kota Samarinda di Ballroom Hotel Aston Samarinda, Senin (13/12/2021). Peringatan tahun ini mengangkat tema Membangun ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM.


“Saya berharap tema ini diperkuat dalam pelatihan teknis, berkualitas agar para isteri serta semua anggota DWP mengalami percepatan akselerasi dengan platform digital. Kita punya gadget, tablet harus berfungsi bukan sekedar menelpon melainkan sebagai digital market. Ayo, kita buat pelatihan digital marketing bagi anggota DWP,” ucap Andi Harun yang hadir bersama Sekretaris Daerah Setda Samarinda Dr H Sugeng Chairuddin, Asisten I Dr H Ridwan Tassa, dan Asisten III Dr H Ali Fitri Noor.

Andi Harun mengatakan beraktivitasnya istri PNS di lingkungan Pemkot Samarinda ke dalam wadah bernama DWP, diyakininya bukanlah sebuah kesia-siaan. Melalui wadah ini, ingin membentuk istri PNS yang sejahtera material dan spiritual, sehingga mampu menyokong karir suami sekaligus tidak melupakan perannya sebagai ibu rumah tangga.

Oleh karena itu, kembali disampaikan Andi Harun harus terus digali dan dikembangkan secara optimal penciptaan kegiatan mandiri dan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa melupakan akar budaya, norma sosial dan ketaqwaan.

“Ayo kita mulai melirik bisnis UMKM yang dapat dikerjakan secara mandiri dengan memanfaatkan platform digital. Target akhirnya adalah terciptanya ketahanan keluarga menuju kesejahteraan lahir dan bathin. Kita punya Dinas Kominfo, platform digitalnya bisa dikembangkan di Dinas Kominfo. Bagi DWP ataupun PKK yang ingin mendapatkan kerjasama dengan Dinas Kominfo, jika sudah ada ide dan gagasan, kita bisa bantu. Kita bisa bersinergi. Jadi tolong dimanfaatkan, karena kita punya Dinas Kominfo,” pesan Andi Harun. 


Andi Harun juga mengingatkan agar sesama anggota DWP agar terus kompak, saling menguatkan dan bersatu untuk mendukung para suami dalam bertugas sebagai abdi negara, demi terwujudnya misi DWP yaitu menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara yang profesional untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa.

“Ini tentu sangat sinergis dalam mengawal visi Samarinda mewujudkan kota Pusat Peradaban,” tegasnya.

Sebelumnya ketua DWP Kota Samarinda Hj Titing Qomaryati Sugeng mengatakan tahun ini mengusung tema Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia melalui Kesehatan mental dan Pemulihan Bisnis UMKM. “Tema ini diangkat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan dan memastikan bahwa program-program kerja DWP saat ini dan ke depan berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat melalui pendidikan, ekonomi dan sosial budaya,” ungkap Titing.

Isteri Sekda Samarinda ini mengatakan serangkaian acara dalam rangka memperingati HUT ke 22 DWP telah diselenggarakan dengan baik seperti seminar pendidikan, bakti sosial dan lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku UMKM khususnya anggota DWP dalam mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19, meningkatkan kepercayaan diri dalam berusaha dan menjaga kesehatan mental

Puncak peringatan ini juga dihadiri Ketua TP PKK Samarinda yang juga  Penasehat DWP Hj Rinda Wahyuni Andi Harun, DWP Provinsi Kaltim Chelwina Faisal, Ketua GOW Samarinda Nurhayati Arpan Zainal, dua ketua DWP periode lalu Mardiana Zulfakar dan Naniek Hermanto, Persit Kartika, Bhayangkari, Dharmayukti Karini, Adhyaksa Dharmakarini,  GOPTKI, DWP OPD, dan DWP Kecamatan serta kepala OPD.(DON/CHA/KMF-SMD)