TOP NEWS

Top

Jelang Ramadhan, Wawali Minta Distribusi Air Bersih, Listrik dan Bahan Pokok Aman

Jelang Ramadhan, Wawali Minta Distribusi Air Bersih, Listrik dan Bahan Pokok Aman

SAMARINDA.KOMIMFONEWS-Memasuki bulan suci ramadhan di tengah pandemi Covid-19, Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi Wongso bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi dalam menyamakan persepsi demi mewujudkan kondisi sosial yang tentram dan tertib selama menjalankan ibadah puasa.

 

Rakor yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Samarinda H Subandi ini berlangsung Selasa (6/4/2021) pagi di ruang rapat utama gedung Balaikota.

 

Wawali sendiri dalam arahannya menyampaikan jika Rakor yang dilaksanakan pagi itu sangat penting. Karena menurutnya Pemerintah wajib memberikan jaminan kepastian terhadap ketersediaan sembako, pasokan listrik, hingga distribusi air bersih bisa berjalan lancar dan aman selama ramadhan.

 

“Harapan kami sentral-sentral penting yang saya sebutkan tadi harus beroperasi lancar selama ramadhan supaya warga yang menjalankan ibadah puasa bisa fokus dan tidak merasa terganggu, khususnya listrik dan air,” pesan Rusmadi.

 

Mengingat jelas dia, Kementerian Agama juga telah mengeluarkan surat edaran yang isinya memberikan kelonggaran terhadap aktifitas ibadah selama bulan ramadhan.

 

Termasuk di dalamnya mengatur sholat terawih hingga buka puasa dengan tetap menjaga kapasitas jumlah jamaah dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.

 

“Artinya surat edaran Menteri Agama tadi sudah sejalan dengan isi Perwali yang sudah kami terbitkan, isinya memberikan kelonggaran aktifitas warga tapi tetap disiplin protokol kesehatan,” timpal Wawali.

 

Terkait jam operasi Tempat Hiburan Malam (THM), mantan Kepala Bappeda Provinsi Kaltim ini memastikan akan ditutup selama ramadhan. Begitu pun dengan aktivitas pasar ramadhan, ia mengatakan ada tempat-tempat khusus yang nantinya bakal diatur Pemerintah yang boleh menggelar pasar ramadhan.

 

Tentunya dengan tidak ada kerumunan dan tetap menjaga jarak, “Termasuk pasar yang kurang teratur pasti akan ditertibkan khususnya yang beraktivitas di atas trotoar jalan raya karena bisa menganggu arus lalu lintas,” akunya.

 

Sementara untuk ketersediaan sembako sendiri, Pemkot lanjut Wawali memberikan jaminan ketersediaan tiga hingga enam bulan ke depan, khususnya untuk beras dan gula. Bahkan jelang ramadhan dan saat ramadhan nanti melalui Dinas Ketahanan Pangan bakal bakal digelar pasar murah di beberapa titik untuk menjangkau warga yang ingin memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

 

“Untuk keamanan dan ketertiban saya minta Camat dan Lurah selalu berkoordinasi dengan RT di wilayahnya untuk mewaspadai warga luar yang berkunjung ke Samarinda untuk menetap karena kita ingin menciptakan keamanan kota yang kondusif,” ungkapnya mengakhiri. (CHA/DON/KMF-SMD)