TOP NEWS

Top

Menyambut Ramadhan Di Masa Pandemi, Wawali Pesan Terus Tegakkan Profesionalitas

Menyambut Ramadhan Di Masa Pandemi, Wawali Pesan Terus Tegakkan Profesionalitas

SAMARINDA. KOMINFONEWS- Wakil Wali Kota Dr H Rusmadi memimpin Apel Pagi bersama Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dishub dan Relawan dari berbagai LSM dalam rangka kesiapsiagaan Damkar dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Selasa (06/04/2021) pagi.

 

Masih dalam masa pandemi covid - 19 yang masih merebak hingga saat ini, tidak terkecuali di Kota Samarinda, Wawali berharap agar situasi tersebut tidak sampai menyurutkan langkah dan semangat untuk terus menjalankan tugas secara profesional.

 

"Terkhusus bagi pasukan pemadam kebakaran, karena ancaman dan tantangan bahaya kebakaran dan hal - hal lain terkait penyelamatan kemungkinan tetap bisa terjadi meskipun di tengah pendemi atau tidak," ungkap Rusmadi di awal sambutannya.

 

Sesuai Standar Minimal (SPM), lanjut Wawali Pemadam Kebakaran memiliki tugas tidak hanya merespon secara tepat waktu bila terjadi kebakaran, namun menurutnya meliputi pula upaya evaluasi dan penyelamatan korban hingga pemberdayaan masyarakat, serta inspeksi dan investigasi serta pendataan.

 

"Melihat tugas dan fungsi sebagai garda terdepan dalam menjaga kota  dari bahaya kebakaran, beban kerja serta  tanggung jawab jajaran pemadam kebakaran yang harus siaga dalam 24 jam tanpa mengenal libur tersebut, patutlah kita apresiasi dan dukung bersama. Di sinilah pentingnya peningkatan peran institusi Pemadam Kebakaran dalam pemberdayaan komunitas Relawan Pemadam Kebakaran seperti BALAKAR, PMK, BALAKARCANA, LSM satuan satuan serta relawan lainnya," imbuhnya.

 

Ia juga berharap rekan-rekan pemadam kebakaran dan relawan yang telah memiliki jaringan cukup luas, dan memiliki kemampuan anggota terlatih, serta peralatan, agar bisa membantu pemerintah dalam upaya membendung penularan Covid-19, menurutnya hal ini penting agar tidak sampai menjadi penghambat kinerja jajaran pemadam ketika hendak melakukan aksi pemadaman. (FER/DON/KMF-SMD)