TOP NEWS

Top

Pameran di Bali, Dekranasda Samarinda Pikat Agency Promosi Internasional

Pameran di Bali, Dekranasda Samarinda Pikat Agency Promosi Internasional

DENPASAR. KOMINFONEWS - Sesuai misinya sebagai upaya untuk melebarkan pangsa pasar dalam keikutsertaan pada pameran skala nasional, Expo BALI IPTEX Indonesia Investment, Produk and Tourism 2021 di Level 21 Mall, Denpasar Timur kota Denpasar Provinsi Bali, baru-baru ini, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda melalui tampilan berbagai produk unggulan yang dipajang mampu memikat salah satu agency promosi internasional.

“Pada awalnya dia mengamati sarung Samarinda dengan teliti. Ada sekitar 15 menit, kemudian bertanya lebih detail hingga harganya. Tak cukup di kain, juga produk-produk kreatif lainnya. Hingga akhirnya memperkenalkan diri dan menawarkan untuk kerjasama mempromosikan produk-produk kita,” ungkap ketua Dekranasda kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun menceritakan seperti apa yang dilaporkan pengurus Dekranasda Bidang Pengembangan Produk Mohammad Rizal.


Rinda menyebutkan agency promosi itu dari Decorasi Coorporate Centre (DCC) yang berkedudukan di Bali. “Namanya Pak Rudi. Dia menawarkan agar produk kita dipamerkan di DCC. Tempat dia ini wadah memamerkan produk lokal Indonesia, yang tidak hanya skala nasional tapi juga sampai ke mancanegara,” terang Rinda yang dibenarkan Plt Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda Rita Dinar Tiurmaida.

Tentunya hal ini membuat Rinda bangga, bahwa produk-produk unggulan Samarinda tidak kalah dengan luar.“ Ini bukan yang pertama kali. Ada juga saat kita pameran, mereka langsung bernegosiasi dengan perajin kita untuk membeli lebih banyak lagi kedepannya. Kalau seperti ini, kita Dekranasda hanya memfasilitasi, selanjutnya tinggal mereka perajin dengan buyer atau pembeli berurusan. Kita tentunya merasa senang, karena tidak sia-sia dan bukan hanya sekedar pameran saja,” tandasnya.

Jadi lanjut Rinda tujuan pameran bukan hanya berjualan habis saat di stand, tapi yang ditargetkan adalah jangka panjangnya dalam mengembangkan pangsa pasar para perajin dan UMKM Samarinda.

“Makanya kami Dekranasda kota Samarinda dalam setiap pembinaan kepada perajin dan UMKM selalu menekankan agar terus berinovasi tiada henti dalam menciptakan produk-produknya, sehingga pangsa pasar selalu terbuka dan terus melebar. Kalau itu-itu aja, pembelinya juga tidak akan berkembang,” pungkas Rinda.(DON/KMF-SMD)