TOP NEWS

Top

Wali Kota Akui, Konsumsi Ikan Sangat Baik untuk Pertumbuhan Intelektual Anak

Wali Kota Akui, Konsumsi Ikan Sangat Baik untuk Pertumbuhan Intelektual Anak

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun menghadiri Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Kota Samarinda, Kamis (9/12/2021) siang. Kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan konsumsi makan ikan pada masyarakat yang diselenggarakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Jalan Lumba-Lumba Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir.

Gemarikan merupakan bagian dari upaya perbaikan gizi yang merupakan tanggung jawab bersama, guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju dan cerdas. Dengan adanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mendukung gerakan masyarakat makan ikan, dengan tujuan agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan.

Menurut Wali Kota, dengan memakan ikan, akan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan fisik, mental, intelektual, dan sosial. Terlebih bagi anak-anak.


“Kota Samarinda sendiri potensi ikan, baik ikan sungai, ikan air tawar, maupun ikan laut sangat besar bahkan beragam. Makanan yang diolah dari bahan dasar ikan dapat menjadi ciri khas daerah pun sudah cukup berkembang. Ini menandakan bahwa keberadaan ikan sebagai salah satu sumber potensi sudah cukup dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, baik untuk dikonsumsi pribadi maupun dibuat makanan olahan sebagai penganekaragaman pangan," jelas Wali Kota.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan terus mendukung para pelaku usaha dan nelayan. 

“Pemkot mendukung penuh kegitan ini. Dalam kesempatan ini, Pemkot juga menyerahkan bantuan berupa alat perbengkelan sebagai alat pemeliharaan kapal dan perlengkapan tangkap ikan, serta membagikan sertifikat tanah nelayan yang direalisasikan melalui program Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Dinas Pertanahan Kota Samarinda,"  jelas Wali Kota.

Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj Rinda Andi Harun menambahkan, Pemkot Samarinda bersama TP PKK telah berupaya untuk mengedukasi masyarakat untuk mengkonsumsi beraneka ragam pangan berbahan dasar ikan, agar tingkat konsumsi lebih berimbang sesuai dengan angka kecukupan gizi yang dianjurkan.

“Saya memberikan apresiasi tinggi, karena pada rangkaian acara hari ini juga diadakan lomba memasak snack dan kudapan yang berbahan dasar ikan. Saya juga berharap nantinya bisa menghasilkan kreasi dan inovasi baru, sehingga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat Kota Tepian untuk membuka peluang usaha baru," tutup ungkap Rinda. (FAN/HER/KMF-SMD)