TOP NEWS

Top

Lantik Para Pejabat, Wali Kota Jabarkan Tiga Karakter Utama yang Wajib Dimiliki Pemimpin

Lantik Para Pejabat, Wali Kota Jabarkan Tiga Karakter Utama yang Wajib Dimiliki Pemimpin

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun secara resmi melantik dan mengambil sumpah/janji Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda di Lapangan Parkir Gedung Balai Kota Samarinda, Senin (29/11/2021) pagi. Pada pelantikan tersebut, Wali Kota mengatakan pada hakikatnya setiap orang adalah pemimpin, baik di kehidupan keluarga maupun dalam berinteraksi dengan pekerjaan di kantor. Memimpin diri sendiri menurutnya tidak lebih daripada memimpin orang lain.

"Sepandai apapun seseorang menjadi pemimpin, pastilah mempunyai banyak kelemahan dan kekurangan. Dengan demikian, kita tetap membutuhkan kehadiran orang lain sebagai fungsi kontrol. Menjadi pemimpin tidak semudah yang dibayangkan, harus siap lahir dan batin, bukan saja siap secara intelektual namun siap pula secara perilakunya," ucap Andi Harun mengawali sambutannya.


Seorang pemimpin sambung Andi Harun, adalah seorang figur bagi bawahannya. Karena itu, setiap langkah dan perilakunya harus menjadi teladan dan patut diteladani. Mengutip perkataan John C Maxwell, Andi Harun menyebut seorang pemimpin yang baik yakni pemimpin yang mampu menciptakan lingkungan yang tepat dan mengetahui kebutuhan dasar bawahannya serta mampu mengendalikan keuangan personalia dan perencanaan.

"Pada kesempatan ini juga, saya akan menyampaikan tiga karakter yang patut dimiliki oleh bapak ibu yang telah dilantik pada hari ini. Pertama jujur, berintegritas dan dapat dipercaya. Kedua konsisten, tegas, dan memegang aturan. Kemudian ketiga, inovatif dan kreatif," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada para pejabat yang telah dilantik dan diambil sumpah/janjinya untuk bisa benar-benar menjadi pribadi yang mengemban amanah, bertugas dan betanggung jawab dengan sebaik-baiknya agar organisasi yang dijalankan mampu berkemajuan, sehingga visi Samarinda menjadi kota pusat peradaban dapat terwujud. (FER/HER/KMF-SMD)