TOP NEWS

Top

Kembangkan Kompetensi Kepemimpinan, 60 Pejabat Pemkot Samarinda Ikuti PKN

Kembangkan Kompetensi Kepemimpinan, 60 Pejabat Pemkot Samarinda Ikuti PKN

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Sekretaris Daerah Kota Samarinda Dr Sugeng Chairuddin menghadiri pelepasan peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021. Bersama Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi, di Jalan HM Ardans, Senin (8/11) Pagi.

Kepala Puslatbang Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (KDOD) Lembaga Administrasi Negara (LAN)  Samarinda, Dr Mariman Darto menyampaikan, pelaksanaan PKN Tingkat II ini bagian dari mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

“Kurikulum pelatihan disusun untuk memenuhi kebutuhan pembentukan kompetensi pemimpin perubahan strategis para JPT Pratama, dimana dalam penjabarannya dilakukan 4 agenda, yaitu agenda mengelola diri, kepemimpinan strategis, manajemen strategis dan aktualisasi kepemimpinan. Dalam metode pembelajaran yang digunakan.” Ucap Dr Mariman Darto


Peserta PKN Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 diikuti, sebanyak 60 orang pada saat pembukaan dan telah mengikuti pelatihan dimaksud selama kurang lebih 17 minggu. Dari jumlah dimaksud sampai dengan berakhirnya pelatihan tidak mengalami perubahan peserta.

Wakil Gubernur Kaltim menambahkan, kurikulum yang baru terdapat kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) ke Provinsi terpilih yang dilaksanakan secara virtual. Seperti Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon, dan juga Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Maria dan Kota Makassar.”

“Kami ucapkan penghargaan yang tulus, apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap lancarnya penyelenggara PKN Tingkat II Tahun 2021 ini,” tutup Hadi Mulyadi (FAN/DON/KMF-SMD)