TOP NEWS

Top

Wali Kota Minta Media Massa Tak Risih Beritakan Kinerja Baik

Wali Kota Minta Media Massa Tak Risih Beritakan Kinerja Baik

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun meminta media massa untuk bisa bersinergi dan menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemkot Samarinda untuk menyampaikan hal sesungguhnya kepada masyarakat luas. Hal ini ia sampaikan saat audiensi dengan jajaran Direksi Koran Kaltim di Ruang kerjanya, Senin (15/3/2021) sore.

Menurut wali kota, fungsi utama media massa memang menjadi alat kontrol terhadap kebijakan pemerintah jika dianggap tak sejalan dengan kepentingan masyarakat luas. Namun di sisi lain, tentu saja juga harus berani untuk memberitakan hal positif jika memang ada loncatan positif dari kinerja pemerintah.

“Peran media ini memang sangat penting untuk memberitahukan kondisi sesungguhnya kepada masyarakat. Artinya, media juga tidak boleh risih untuk memberitakan kinerja baik yang memang dianggap perlu untuk diapresiasi, biar bisa berimbang,” ungkap Wali Kota didampingi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, Dian Ruhendra.

Diakuinya, sebagai pimpinan memang sudah sewajarnya menjadi perhatian segenap publik. Termasuk kinerjanya. Politikus gaek Kaltim yang sarat pengalaman ini mengaku apa yang dikerjakan, termasuk 100 hari program kerja Wali Kota yang digencarkan selama ini semata hanya untuk kebaikan bersama. Termasuk program penertiban parkir liar serta pemindahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di sejumlah jalan utama dalam kota ini. Diakuinya, kebijakan tersebut memang berisiko mendapatkan respon negatif dari sebagian warga yang tidak suka.

“Saya sadari ini bisa saja menjadi kebijakan yang tidak populis, tapi kita harus bisa mulai dari sekarang. Saya katakan bahwa kinerja positif kita ini bukan untuk memuaskan para pendukung kita ataupun mengubah yang tadinya benci menjadi berbalik mendukung kita. Kita hanya konsisten di jalan yang benar. Kalaupun nanti hasilnya posotif, mudah-mudahan semua akan sadar bahwa ini memang maksudnya untuk kebaikan bersama,” ungkapnya bijak.

Ia juga menyebut program Smart City Plus sudah menjadi kebutuhan mendesak saat ini. Menurut Wali Kota, program ini tidak bisa dihindari, karena memang sejalan dengan tuntutan zaman. Jika tidak mengikuti, maka sudah pasti akan ketinggalan zaman. Karena itu, ia meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk merumuskan sejumlah program untuk mendukung Smart City Plus ini.

“Kalau programnya baik, pasti kita akan mendukung penuh, termasuk dalam hal kebijakan anggarannya. Kalau tidak cukup di APBD Samarinda, kita akan minta bantuan dari APBD Kaltim,” terangnya.

Sementara Direktur Utama Koran Kaltim, Desman Minang Endianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan wali kota untuk menemui pihaknya meski di tengah kesibukan dan kepadatan agenda kerjanya. Kata Desman, pertemuan tersebut hanya sekadar silaturahmi biasa untuk membangun hubungan baik antara Pemkot dengan Koran Kaltim selaku media partner.

Diakuinya, hubungan komunikasi Pemkot dengan Koran Kaltim selama ini sudah terjalin bagus.

“Kami lihat program 100 hari Wali Kota ini juga sangat bagus dan patut untuk kita dukung bersama,” ungkap Desman. (HER/DON/KMF-SMD)