TOP NEWS

Top

Wakil Wali Kota Samarinda Buka Pelatihan dan Sertifikasi Bagi Barista

Wakil Wali Kota Samarinda Buka Pelatihan dan Sertifikasi Bagi Barista

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Perkembangan kopi begitu pesat di Kota Samarinda, terlihat banyaknya kedai kopi yang tersebar di penjuru kota Tepian.

Seiring dengan itu, persaingan pun ikut menjadi tantangan tersendiri bagi dunia usaha. Terutama dalam menyajikan rasa nyaman dan enak untuk para pengunjung atau penikmat kopi itu sendiri. Atas dasar itulah, Minggu (13/6/2021) siang digelar pelatihan dan sertifikasi bagi barista, di Cafe Hayyu Coffee, jalan M Yamin.

Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi ketika membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Malabar Mountain Coffee dan Hayyu Coffee yang telah berkolaborasi  menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi para barista  sebagai langkah dalam memberikan peluang bagi para peracik kopi yang ingin mengembangkan usaha dan skill di dunia perkopian.


“Mereka yang ikut pelatihan hari ini secara otomatis jika sudah terlatih maka akan mudah untuk mendapat pekerjaan sebagai barista, ujungnya pengangguran pun bisa berkurang. ” kata Rusmadi,

Oleh itu, ia berharap para peserta yang mengikuti pelatihan bisa bertambah wawasanya tentang kopi.“

Jadi, mereka yang ikut kegiatan pelatihan hari ini ketika lulus harapannya bisa berpotensi untuk direkrut sebagai barista berkompeten, bisa saja nantinya bekerja di luar atau dalam daerah,” jelasnya.

Adapun peserta yang ikut pelatihan siang itu sedikitnya ada sebanyak 15 orang yang diselenggarakan terhitung dari tanggal 13 hingga 18 Juni nanti. Tak hanya sekedar membuat kopi, peserta pun nantinya akan diberikan bekal materi mengenai sejarah kopi, meracik hingga teknik cupping atau mengevaluasi karakteristik dari kopi itu sendiri. (FAN/CHA/KMF-SMD)