TOP NEWS

Top

Wali Kota Samarinda Wacanakan Bakal Sebar CCTV di Tiap RT

Wali Kota Samarinda Wacanakan Bakal Sebar CCTV di Tiap RT

SAMARINDA. Wali Kota Samarinda DR H Andi Harun wacanakan Pilot Project pemasangan CCTV di lingkungan RT se-Kota Samarinda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warganya.

 

Hal itu disampaikan wali kota Ketika beraudensi bersama rombongan  PT ICON Plus (Indonesia Comnets Plus) Senin (10/5/2021) sore di Balai Kota. Pria yang akrab disapa AH ini menyampaikan jika program CCTV di setiap RT nanti akan berjalan maka harapannya harus terintegrasi dengan Pemerintah Kota Samarinda.

 

Mengingat menurut dia, program pro bebaya Rp 100 juta per RT yang rencana akan berjalan di APBD perubahan nanti dianggap tidak sulit untuk merealisasi wacana tadi.

                                                                                   

“Jadi harapan saya lewat pro bebaya nanti setidaknya RT bisa menganggarkan pengadaan CCTV di lingkungannya masing-masing. Karena Lewat program ini pemerintah pada intinya ingin menciptakan situasi keamanan ditingkat RT,” pinta wali kota.

 

Tak itu saja, ia juga bercerita mengenai program 100 hari kerjanya memimpin dengan membuat terobosan Kick Off Pilot Project E-Parking di Samarinda. Di mana menurutnya hal ini merupakan babak baru dalam pengelolaan parkir yang diharap dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) potensial.

 

Sementara, General Manager Regional Kalimantan PT ICON Plus, Yan Alfito Simanjuntak mengatakan perusahaannya merupakan jasa memberikan pelayanan akses Internet berbasis fiber optik dalam mendukung  penerapan e-Goverment dan Smart City di Kota Samarinda.

 

“Salah satu kerjasama kita dengan Pemkot adalah dalam pemasangan 45 unit CCTV di Kota Samarinda untuk memantau kondisi lalu lintas, banjir, keamanan di Kota Samarinda. Selain menyediakan pelayanan free wifi di 25 lokasi di antaranya di Desa Budaya  Pampang dan Kampung Tenun, " tutur Fito.

 

PT Icon Plus sendiri merupakan anak perusahaan dari PT. PLN (Persero) yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

Hadir mendamping wali kota sore itu Asisten II Sekretariat Kota Samarinda drg Nina Endang Rahayu, Kepala Bapeda Ananta Fathurozi dan Kepala Diskominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah. (Eko/Cha/KMF-SMD)