TOP NEWS

Top

Rakerda UKS/M, Sinergikan Peran dan Fungsi

Rakerda UKS/M, Sinergikan Peran dan Fungsi

SAMARINDA. Kualitas kesehatan siswa dan lingkungan sekolah yang sehat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki peranan yang penting dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Samarinda bersama tim Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) menggelar Rapat Kerja Daerah UKS/M Kota Samarinda di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda dan melalui video conference, Selasa (27/10).

 

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang berharap Rakerda yang digelar ini dapat dijadikan forum bersama dalam mensinergikan peran dan fungsi UKS untuk meningkatkan kualitas pembangunan kesehatan di sekolah.

 

"Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat mendorong kemajuan UKS, sehingga kegiatan yang mendukung pembangunan kesehatan menjadi lebih banyak," ucap Jaang.

 

Ketua TP UKS Puji Setyowati mengatakan, dalam rangka menyelenggarakan pendidikan kesehatan diharapkan anak-anak didik akan bisa meniru apa yang mereka lihat dan rasakan.

 

"Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan kesehatan, seluruh komponen yang ada di sekolah sangat diperlukan sekali untuk bisa mendukung kegiatan ini. Oleh kerena itu, pendidikan kesehatan ini diharapkan tidak ada lagi anak-anak yang berada di bawah garis kemiskinan, masih banyak bullying terhadap anak di sekitar tempat kita. Apalagi saat ini media sosial yang luar biasa. Dalam kondisi saat ini kalau tidak dibatasi dan disaring dengan baik, maka nantinya akan menimbulkan hal yang tidak baik," tutur Puji.

 

Ketua Forum Kota Sehat (Forkots) Samarinda ini juga mengatakan pendidikan kesehatan tidak cukup hanya satu elemen saja di sekolah, tetapi dirumah juga perlu.

 

"Oleh karena itu, melalui rapat disini dan video conference ini kami juga titip kepada seluruh bapak ibu guru harus bisa memberikan contoh yang baik. Karena saya lihat masih banyak di area sekolahan bapak-bapak yang merokok diam-diam di sudut sekolahan. Kalau anak-anak melihat, mencium aroma seperti ini kami khawatir akan menjadi pembelajaran yang tidak baik bagi anak-anak,” ungkap Puji.

 

Menurut Puji mereka tidak melarang, tetapi pada saat berbicara tentang pendidikan supaya ini menjadi sebuah komitmen bersama bahwa anak-anak didik tidak bisa untuk  coba-coba.

 

Selain Rakerda, acara juga dikemas dengan penyerahan hadiah Lomba Sekolah Sehat UKS Tahun 2020. Adapun pemenang LSS-UKS untuk tingkat TK antara lain Juara I diraih TK Budi Bakti Kecamatan Samarinda Kota, juara II diraih Cahaya Islam Kecamatan Sambutan dan Juara III diraih TK Handayani 2 Kecamatan Samarinda Ilir.

 

Untuk tingkat SD, juara I diraih SDN 002 Samarinda Ilir, juara II SDN 011 Samarinda Utara dan juara III SDN 008 Samarinda Kota.

 

Pemenang lomba tingkat SMP, juara I SMPN 2 Samarinda Kota, juara II SMPN 21 Samarinda Ilir dan juara III diraih SMP Khatolik Samarinda Ulu.

 

Sedangkan untuk pemenang lomba tingkat SMA yaitu MAN II Samarinda Kota pada posisi juara I, juara II SMK Granada Samarinda Ulu dan SMKPP Samarinda Utara di posisi juara III. (fer/don/kmf-smd)