TOP NEWS

Top

Menunjang Pengamanan, Pemkot Serahkan 8 Unit Motor Trail Ke Polresta Samarinda

Menunjang Pengamanan, Pemkot Serahkan 8 Unit Motor Trail Ke Polresta Samarinda

SAMARINDA. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan dua hari lagi (09/12), Pemkot Samarinda menyerahkan bantuan berupa 8 unit motor trail kepada Polresta Samarinda guna menunjang pengamanan Pilkada.

 

 

Penyerahan dilakukan di sela-sela Apel Pergeseran Pasukan Dalam rangka Kesiapan Pengamanaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Serentak Tahun 2020 Walikota dan Wakil Walikota Samarinda di Polresta Samarinda Senin (07/12).

 

Sekda Kota Samarinda Sugeng Chairuddin mewakili Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan bantuan berupa 8 unit motor trail kepada Polresta Samarinda ini untuk menunjang pengamanan Pilkada 2020.

 

“Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di wilayah hukum Kota Samarinda,” harapnya. 

 

Sugeng menyampaikan Apel Pergeseran ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tanggal 12 Juni 2020 tentang Perubahan Ketiga atas peraturan kondisi pemilihan umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota.

 

Sugeng berpesan kepada seluruh petugas yang melaksanakan pengamanan agar memahami tugas pokok sesuai SOP yang dilaksanakan di wilayah masing-masing secara maksimal.

 

“Kenali unsur-unsur terkait di lingkungan TPS. Jalin kerjasama dengan seluruh unsur lainnya yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2020. Karena kita semua harus berkomitmen dalam menjaga netralitas, serta pembangunan bersama serta sinergi dan harmoni dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Tahun 2020 ini,” pesannya.

 

Wakapolresta Samarinda AKBP Dedi Agustono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menjelaskan dengan 10 Kecamatan, 59 Kelurahan dan sebanyak 1.962 TPS jumlah anggota Polres Samarinda yang akan diturunkan dalam pengamanan tersebut sebanyak 606 personil.

 

Selain personil PAM TPS juga ada personil dari Polda Kaltim, TNI, serta unsur lainnya yang nantinya akan mengamankan di seluruh wilayah hukum Kota Samarinda dan melaksanakan keamanan pada rangkaian Pilkada Serentak Tahun 2020.

 

“Memang Pilkada kali ini dilaksanakan dengan suasana yang berbeda dengan adanya Pandemi Covid-19, sehingga memerlukan aturan dalam kegiatan dan perilaku yang berbeda untuk melaksanakannya. Berbagai tahapan dan program telah dilaksanakan oleh KPU kota Samarinda dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19. Sekarang memasuki hari tenang dilanjutkan dengan tahapan pungut, hitung suara yang dilaksanakan tanggal 9 Desember,” katanya.

 

Dedi berharap bagi para petugas untuk bisa bertugas dengan penuh tanggung jawab sebaik-baiknya dan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas, serta senantiasa bertindak tegas dan humanis dalam setiap melaksanakan tugas.

 

“Pegang teguh komitmen netralitas dalam Pilkada Tahun 2020, sehingga kita bisa berdiri di semua golongan tanpa memihak. Selalu melakukan koordinasi dengan TNI, Linmas dan tokoh masyarakat, pemuda serta unsur lainnya yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 demi mewujudkan situasi aman damai kondusif, serta sehat menjelang pada saat dan sesudah penyelenggaraan Pilkada. Tak lupa harus kedepankan Protokol Kesehatan Covid-19,” tutupnya.

 

 

Ikut dalam Apel Pergeseran Pasukan tersebut Asisten I Tejo Sutarnoto, Seluruh Camat se-Kota Samarinda, Forkopimda Kota Samarinda, mewakili OPD terkait di lingkungan Pemkot Samarinda, seluruh peserta apel Pejabat, Perwira, Bintara di lingkungan Polresta Samarinda, mewakili pasukan TNI, Polri, serta Linmas. (bay/don/kmf-smd)