TOP NEWS

Top

Buka Bimtek Menjahit APD, Jaang Lanjut Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Buka Bimtek Menjahit APD, Jaang Lanjut Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Perindustrian Kota Samarinda kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Keterampilan Menjahit Alat Pelindung Diri (APD) bagi para pelaku industri kecil menengah (konveksi) terdampak Covid-19.

 

Pada kesempatan ini Walikota Samarinda, Syaharie Jaang membuka secara resmi kegiatan bimtek yang juga merupakan kegiatan bantuan Bimtek dari Disperindagkop Provinsi Kalimantan Timur di aula gedung Graha Ruhui Rahayu, Jl Juanda, Senin (8/6).

 

Jaang mengatakan, pernah mengumumkan pembuatan 100 ribu masker. Karena banyaknya permintaan masker dan banyaknya penawaran barang berupa masker dari luar Kota Samarinda, maka dari itu dia meminta masker harus dibuat oleh masyarakat Kota Samarinda sendiri.

 

"Oleh karena untuk para peserta, kesempatan ini diikuti dengan baik kedepannya kita dapat mengantisipasi lonjakan permintaan masker dengan menggunakan masker buatan warga Samarinda. Tidak perlu jauh-jauh pesan ke luar kota," ucap Jaang.

 

Hal ini lanjutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya para pelaku industri kecil dalam bidang konveksi untuk meningkatkan perekonomiannya dan terus berproduksi pada situasi saat ini, serta mampu menghasilkan produk yang baik dan dapat bersaing dengan produk di luar Kota Samarinda.

 

Sementara Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Fuad Asaddin mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk menunjang rekan-rekan IKM yang terdampak Covid-19 dan usahanya banyak dikabarkan mengalami penurunan, sehingga tidak hanya berdampak pada penurunan omset, namun kewajiban-kewajiban pembayaran yang lain mengalami hal serupa.

 

"Pemerintah mencoba untuk membantu dari hal-hal yang dirasa dapat memberikan wawasan, kemampuan dan keterampilan agar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh rekan-rekan di IKM pada bidang usahanya masing-masing," kata Fuad.

 

Usai membuka Bimtek menjahit APD, Jaang langsung menuju kelokasi kebakaran di Jl Lambung Mangkurat. Bantuan diserahkan kepada 36 Kepala Keluarga, 21 rumah, dengan jumlah jiwa mencapai 103 orang di wilayah RT 33 dan RT 32. (fer/don/kmf-smd)