TOP NEWS

Top

Temui Wawali, Kemenag Samarinda Siap Bersama Wujudkan Kota Peradaban

Temui Wawali, Kemenag Samarinda Siap Bersama Wujudkan Kota Peradaban

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi menerima kunjungan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Samarinda, Jumat (20/8/2021) pagi. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam rangka mewujudkan Samarinda sebagai kota pusat peradaban.

Menurut Wawali, Samarinda yang menjadi ibu kota provinsi sekaligus berdekatan dengan calon Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, sangat perlu untuk menyiapkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM). Terutama kaum muda yang harus memiliki karakter religius, unggul, dan berbudaya.

"Karena negara kita ini adalah negara yang beragama, dengan bermacam ragam agamanya. Tentunya melalui Kemenag, kita bisa mengedukasi generasi muda untuk menumbuhkan kebiasaan hidup yang sehat untuk masa depan peradaban yang baik," ucap Rusmadi.


Sementara Kepala Kemenag Kota Samarinda, Baequni mengapresiasi konsep kota peradaban yang digungkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Menurut dia, untuk membangun generasi muda yang beradab, tidak bisa dilimpahkan sepenuhnya kepada Pemkot.

"Untuk menjadikan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban, kita harus bersinergi dengan masyarakat. Tidak bisa dilimpahkan sepenuhnya kepada pemerintah," ungkap Baequni. 

Dalam audensi tersebut juga sekaligus membahas soal Samarinda yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim. Juga soal edukasi calon jemaah haji di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini. (HIR/HER/KMF-SMD)