21 April 2021
5316
Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik, Andi Harun: Terima Kasih Syaharie Jaang dan Barkati

JAKARTA - Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun
menerima penghargaan kinerja Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diserahkan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB)
Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (20/4/2021). Sebelumnya, Kota Samarinda
kembali meraih anugerah sebagai salah satu Kota Penyelenggara Pelayanan Publik
terbaik dari Kemen-PAN RB yang ditayangkan melalui Youtube KemenPAN-RB pada
Selasa (9/3/2021 dan telah disaksikan bersama-sama di Ruang Command Center
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda.
Penghargaan tersebut diberikan kepada dua Organisasi Perangkat Daerah
(OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
(Disdukcapil).
Usai menerima penghargaan, Andi Harun mengatakan rasa syukurnya. Ia juga menyampaikan terima kasih atas
kerja keras Syaharie Jaang dan Muhammad Barkati beserta para Aparatur Sipil
Negara (ASN) di Kota Samarinda sebelum tampuk pimpinan diamanatkan kepada
dirinya bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Rusmadi kini. Andi Harun mengatakan penghargaan yang diraihnya
merupakan hasil kerja keras wali kota sebelumnya yakni kepemimpinan Syaharie
Jaang bersama Muhammad Barkati.
"Saya hanya menerimakan saja. Ini hasil kinerja beliau (Syaharie
Jaang dan Muhammad Barkati, Red). Saya ucapkan selamat kepada Bapak Syaharie
Jaang dan Bapak Muhammad Barkati yang telah merintis kinerja dengan baik
sehingga mendapatkan ganjaran penghargaan dengan baik dari KemenPAN-RB. Saya berharap semoga
kinerja Pelayanan Publik melalui terbangunnya Mall Pelayanan Publik serta
pelaksanaan kegiatan Disdukcapil kita semakin baik, sehingga di tahun mendatang
kita dapat meraih penghargaan kategori pelayanan prima," kata Andi Harun.
Kinerja Mall Pelayanan Publik lanjut dia, tidak hanya menerima dan
mengejar penghargaan saja. Akan tetapi pelayanan publik ini juga ramah terhadap
kegiatan investasi dan pengembangan ekonomi kerakyatan, UMKM ekonomi kreatif,
serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda. Menurutnya, pelayanan
publik di bidang kependudukan juga semakin bagus dan cepat. Salah satu inti
dari pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan menurut dia adalah
pelayanan publik.
"Intinya sekarang bagaimana pemerintah hadir memberikan pelayanan
yang cepat, optimal, dan berbiaya
murah," tegasnya.
Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini juga berharap Pemkot
Samarinda semakin mengaplikasikan penggunaan teknologi informasi dan menguatkan
jaringan infrastruktur dalam bidang telekomunikasi, sehingga menjadi daya
dorong yang kuat terhadap percepatan dan efektifitas pelayanan publik di Kota
Samarinda.
"Jadi sekali lagi penghargaan ini untuk Pak Syaharie Jaang dan Pak
Barkati. Saya hanya mewakili menerima, karena saya belum melakukan banyak hal
dalam bidang pelayanan publik, khususnya perizinan dan manajemen pengolahan
kependudukan melalui Disdukcapil.
Semoga pelayanan prima yang pernah kita dapat pada tahun sebelumnya, dapat
diraih kembali di tahun yang akan datang," harapnya.
Sementara Kepala DPMPTSP Kota Samarinda, Jusmaramdhana Alus menyampaikan
penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang keempat kalinya secara berturut
diraih. Ia berharap agar tahun depan pihaknya dapat terus meningkatkan
pelayanan guna meraih pelayanan prima dengan fasilitas yang ada. Termasuk
kelengkapan fasilitas penunjang yang ada di gedung baru nantinya di Jalan
Pahlawan, Samarinda Ulu.
"Karena saat ini masih dalam keadaan pandemi, sebenarnya semua
pelayanan tetap menjadi primadona. Namun kami lebih titik beratkan pada izin
usaha, terlebih dalam konsep izin usaha kerakyatan dalam hal ini UMKM yang
sifatnya bisa menunjang dalam masa pandemi saat ini," tuturnya.
Sedangkan Kepala Disdukcapil Samarinda, Abdullah mengatakan tujuan yang
paling utama dalam pelayanan publik ini bukanlah penghargaan, melainkan
bagaimana pihaknya memberikan layanan yang baik dalam artian cepat, tidak
berbelit, dan akuntabel.
"Penghargaan kategori Sangat Baik ini merupakan penghargaan ketiga
kalinya sejak 2018 hingga 2020. Semoga ini menjadi berkah dan terus memacu kami
untuk melakukan perubahan," tandas Abdullah. (FER/HER/KMF-SMD)