TOP NEWS

Top

Program Samarinda Kota Pusat Peradaban Jadi Perhatian Media Nasional, Ini Penjelasan Wali Kota

Program Samarinda Kota Pusat Peradaban Jadi Perhatian Media Nasional, Ini Penjelasan Wali Kota

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Sejumlah program unggulan Pemkot Samarinda yang dicanangkan Wali Kota Dr H Andi Harun bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Dr H Rusmadi kian mengundang simpati dan perhatian publik. Termasuk para para pekerja pers dari sejumlah media massa, baik lokal maupun nasional.

 

Salah satunya Majalah IT Works yang sempat mewawancarai Wali Kota secara virtual, Selasa (18/5/2021) siang. Mereka tertarik untuk menggali program-program apa saja yang menonjol dan sudah berhasil dalam kurun waktu 82 hari ini, di mana Kota Samarinda yang dicanangkan sebagai Kota Pusat Peradaban di Indonesia bagian tengah.

 

Pemimpin Redaksi Majalah IT Works dan Chief Executive Officer Madani Group, M Lutfi Handayani mengatakan ada hal menarik yang ingin digali pihaknya. Terutama dari komitmen dan cita-cita ketika Andi Harun dan Rusmadi mencalonkan diri menjadi Wali Kota dan Wawali  Samarinda kemudian terpilih dan dilantik. Terutama penegasan visi-misi yakni terwujudnya Samarinda sebagai kota pusat peradaban.

 

"Mohon penjelasannya Pak Wali, apa yang dimaksud dengan terwujudnya Samarinda sebagai kota pusat peradaban," kata Lutfi saat membuka pertanyaan melalui video conference, Selasa (18/5/2021) siang.

 

Mewujudkan Samarinda sebagai kota pusat peradaban jawab Andi Harun, berangkat dari awal ia mencalonkan diri sebagai visi yang dipilihnya dengan berlatar belakang setelah ada keputusan bahwa Ibu Kota Negara (IKN) akan pindah ke Kaltim. Menurutnya, berawal dari Jakarta sebagai pusat perkembangan semua sektor prisma kehidupan masyarakat di Indonesia, suatu hari nanti akan berpindah ke Kaltim. Hal itu lah yang membuat Wali Kota beranggapan Kota Samarinda tidak hanya sekadar penyangga IKN.

 

"Di satu sisi saya bisa memaklumi hal itu, tapi di sisi lain saya ingin melompat tidak sekadar sebagai penyangga saja. Akan tetapi juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian tengah. Ini mementum strategis bagi pengembangan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat  Kami memiliki keuntungan banyak hal  Bahkan dengan kondisi daerah IKN itu sendiri, seperti property, ketersediaan infrastruktur, jalur transportasi baik darat maupun udara dan keuntungan-keuntungan ekologis maupun ekonomi lainnya yang dimiliki Samarinda, sehingga sangat pantas kalau kita sama-sama berjuang membawa Samarinda sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian tengah," terang Andi Harun.

 

Ia tidak ingin Kota Samarinda seperti Bekasi dan Tangerang karena tidak dipersiapkan sejak awal, menerima limpahan banyak masalah, dan akhirnya tidak bersamaan tumbuh secara berimbang dengan Jakarta selaku IKN. Ia ingin IKN juga ikut tumbuh di Kota Samarinda, sehingga ada kesetaraan di bidang pembangunan dan ekonomi. Hal itu juga nantinya akan sekaligus memperkuat IKN.

 

"Karena lajunya perencanaan Bappenas dan seluruh stakeholder yang mempersiapkan suksesor IKN ini, maka tentu kami juga harus mengikuti dan mengimbangi persiapan itu," tuturnya.

 

Kota Samarinda juga dikatakan Andi Harun, harus tumbuh dan maju menjadi Kota yang cerdas (smart city) yang kompak (compact) l menggunakan pendekatan teknologi informasi dari semua sisi pelayanan masyarakat, walaupun menurutnya itu dilakukan bertahap berdasarkan kemampuan keuangan.

 

Selain menjelaskan soal kota pusat peradaban, orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga membahas soal penyelesaian masalah sampah yang ada di pinggir-pinggir jalan utama, penanganan banjir, serta pembangunan Citra Niaga Part II. (FER/HER/KMF-SMD)