TOP NEWS

Top

Barkati : Penting, Toleransi Dalam Umat Beragama

Barkati : Penting, Toleransi Dalam Umat Beragama

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda M. Barkati menekankan pentingnya toleransi dalam umat beragama.

Hal ini disampaikannya pada acara Apel Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementrian Agama Tahun 2021 sebagai Inspektur Upacara di Aula baru Kementrian Agama Kota Samarinda Jalan Harmonika Selasa, (5/1/2021). Menurutnya HAB Ke-75 Kementrian Agama tahun 2021 ini bisa menambah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia seperti yang tertuang dalam tema yaitu Indonesia Rukun.

“Dalam acara HAB ini kita berharap kepada seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama bisa menjadi corong informasi pemerintah dalam pemahaman dari seluruh masyarakat kita supaya lebih mempunyai rasa persatuan dan kesatuan bangsa.  Terutama dalam kerukunan umat beragama untuk memberikan toleransi yang sebenarnya saling menghormati dan menghargai meski berbeda keyakinan,” harap Barkati.

Ditambahkannya ini tugas yang sangat berat karena harus memberikan pemahaman untuk menyatukan dari beberapa agama dan berbagai suku bangsa.

“Secara tidak langsung informasi dari petugas kementerian agama inilah yang sangat penting untuk menyatukan perbedaan bisa dari hati ke hati, bahkan petugas kementrian agama bisa jadi panutan mewakili pemerintah. Semua masyarakat butuh pemahaman yang sebenar-benarnya terhadap toleransi umat beragama,” tambahnya.

Barkati bersyukur untuk Kota Samarinda sangat aman tidak ada gesekan antar umat beragama ataupun suku bangsa karena warganya sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa terutama toleransi yang tinggi terhadap sesama manusia.

Dalam kesempatan ini juga dirangkai dengan pemberian satya lencana terhadap pegawai lingkungan Kementerian Agama Kota Samarinda. Juga mengikuti Apel HAB Ke-75 PLH Sekda Kota Samarinda yang menjabat Asisten I Tejo Sutarnoto, Kabag Kesra Abdul Jami, Plt Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda Mohlis, Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda yang baru saja memasuki masa pensiun Masdar Amin, Pejabat dan staf Lingkungan Kementerian Agama Kota Samarinda, Kepala KUA, Kepala MIN dan MTS. (bay/don/kmf-smd)