TOP NEWS

Top

Wali Kota Minta Rute Penerbangan dari Bandara APT Pranoto Kembali Dinormalkan

Wali Kota Minta Rute Penerbangan dari Bandara APT Pranoto Kembali Dinormalkan

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Sejak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sejumlah maskapai mulai menghentikan pelayanan penerbangan dari Bandar Udara (Bandara) APT Pranoto Samarinda. Hal ini tentu saja mendapat tanggapan serius dari Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun.

Karena akibat kuota jam penerbangan yang terbatas tadi, tidak sedikit warga Samarinda dan sekitarnya yang bepergian dan datang melalui transportasi udara, harus lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk mencari waktu yang tepat.

Melihat hal itu, Wali Kota langsung menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr H Sugeng Chairuddin agar bersurat ke maskapai penerbangan yang sebelumnya beroperasi di Bandara APT Pranoto untuk bisa kembali aktif membuka pelayanan keberangkatan maupun kedatangan.

“Karena kondisi Samarinda sudah masuk dalam status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Red) Level 2, warga juga sudah banyak yang tervaksinasi, jadi saya pikir tidak ada salahnya seperti maskapai Garuda untuk kembali membuka rute pelayanan penerbangan melalui Bandara APT Pranoto,” pinta Wali Kota, Rabu (6/10) siang di Gedung Balai Kota.

Tak hanya bersurat ke maskapai penerbangan, Wali Kota juga meminta kepada Pemkot agar mengirimkan surat permohonan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar jam penerbangan ke daerah yang sering dituju lewat Bandara APT Pranoto bisa diberikan slot waktu yang lebih banyak. Hal ini melihat kondisi penerbangan yang juga sudah mulai pulih dan untuk mengakomodir pelaku perjalanan udara baik yang dari Kota Samarinda maupun menuju ke Kota Samarinda agar bisa lebih leluasa mengatur waktu perjalanan.

“Memang saat ini sudah ada jalan tol yang langsung menghubungkan Samarinda ke Balikpapan. Tapi kalau bisa ini jangan dijadikan penghambat hingga akhirnya kuota penerbangan dari Bandara kita dikurangi. Karena walau bagaimanapun pemerintah  juga perlu melihat dari segi indikator ekonomi yang berdampak positif untuk Kota Samarinda itu sendiri,” pesan Wali Kota.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini juga mendorong Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda agar intens berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kaltim untuk melakukan pengawasan terhadap jalan-jalan yang kerap rusak menuju ke Bandara APT Pranoto agar cepat tertangani demi memaksimalkan pelayanan warga yang ingin berangkat melalui Bandara Samarinda ini. (CHA/HER/KMF-SMD)