TOP NEWS

Top

Sejarah Paskibraka Kota Samarinda, 12 Anggota Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Balaikota

Sejarah Paskibraka Kota Samarinda, 12 Anggota Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Balaikota

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengukuhkan 12 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Samarinda, yang mana ini merupakan sejarah kota Samarinda.

Pengukuhan yang berlangsung di aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda Minggu (15/8) malam, dihadiri pula Sekretaris Daerah Sugeng Chairuddin, Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiyono, Waka Polresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, Asisten I Setkot Tejo Sutarnoto. 

Sebanyak 12 Anggota Paskibraka ini, merupakan putra-putri yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) di Kota Samarinda, nantinya mereka akan bertugas dalam upacara peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2021 mendatang di halaman Parkir Balikota Samarinda.


Mereka yang akan bertugas ini merupakan Paskibraka pertama dan angkatan pertama, dalam sejarah Kota Samarinda tahun 2021. Seperti diketahui, sebelum adanya Pandemi Covid-19 apel selalu dilaksanakan bersamaan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) yang terpusat di lapangan Gedung Olahraga (GOR) Sempaja.

“Bismillahirrahmanirrahim, dengan memohon ridho Allah yang maha kuasanya, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera yang akan bertugas di Balaikota Samarinda pada 17 Agustus 2021, semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ucap Andi Harun saat pengukuhan.

Sebelum dikukuhkan, 12 anggota Paskibraka ini terlebih dahulu mengucapkan ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Erham Yusuf.

Sebagai perwakilan pengucapan sumpah ikrar Meysha Nuraini Hanum siswi yang merupakan anggota Paskibraka asal sekolah SMA Negeri 2 Samarinda.


Nantinya petugas pagi yang disebut tim Pesut terdiri dari pembawa baki Winona Ashar asal SMAN 9, Komandan pasukan 8 Ibnu Gilang Asal sekolah SMKN 15, Pembentang bendera Defhada Nakhwah dari SMAN 3 dan penggerak bendera Jabal Ghany Windu Afdal SMAN 1.

Sedangkan petugas sore tim enggang, Pembawa baki dibawakan Viki Zahwa Aulia Zannah asal sekolah SMAN 3, Komandan pasukan 8 Ibnu Gilang asal SMKN 15, Pembentang Bendera Muhammad Emsa Yafi Alfatih dari SMAN 5, dan Penggerek bendera Shandika Gilang Riyanto SMAN 7.

Ketua Persatuan Paskibra Indonesia (PPI) Kota Samarinda Andri Saputra Asnan mengatakan, pengukuhan Paskibraka memiliki makna bahwa mereka memiliki jiwa kesatria dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

“Malam ini bersama-sama telah kita saksikan dan menyelesaikan pelantikan Paskibra dengan penuh hikmat, malam ini saudara telah dikukuhkan sebagai Paskibra 2021, pengukuhan itu bermakna Paskibra berjiwa kesatria, satu perkataan dan satu perbuatan. Bertanggung jawab dan rela berkorban untuk ibu pertiwi dan Tanah Air,” tutup Andri (FAN/DON/KMF-SMD)