TOP NEWS

Top

Dua Hari Diguyur Hujan, Titik Banjir Mulai Berkurang

Dua Hari Diguyur Hujan, Titik Banjir Mulai Berkurang

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Mudah-mudahan ini menjadi hal baik sekaligus kabar gembira bagi segenap warga Kota Samarinda. Hujan deras yang mengguyuri Kota Tepian selama dua hari belakangan yakni Rabu (23/6/2021) dan Kamis (24/6/2021) siang hingga sore hari, ternyata tak berdampak banyak terhadap kondisi banjir yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi warga kota ini.

Sejumlah titik yng selama ini menjadi langganan genangan banjir itupun nyaris terlihat kering. Pantauan yang dilakukan melalui kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda, nyaris tak ada genangan banjir sama sekali. Terkhusus pada sejumlah titik yng menjadi langganan genangan banjir selama ini.


Di simpang Mall Lembuswana misalnya. Lalu lintas kendaraan terpantau lancar karena memang tak ada genangan banjir sama sekali. Begitu pula yang terpantau di simpang empat Sempaja dan di Kebon Agung, Samarinda Utara. Hanya ada genangan banjir kecil di Jalan Pasundan Samarinda Ulu dan di Gunung Kapur Samarinda Utara. Namun itu tak berlangsung lama. Karena beberapa waktu kemudian terpantau langsung surut.


Kondisi lingkungan yang mulai membaik ini tentunya buka karena terjadi dengan sendiri dan secara kebetulan saja. Tetapi melalui sejumlah upaya yang dilakukan selama ini. Terutama pembenahan infrastruktur drainase untuk kelancaran aliran air, perketatan pengawasan terhadap aktivitas pengupasan lahan, hingga niat Baim yang dilakukan Pemkot Samarinda dengan mengajak warga untuk bersama menjaga lingkungan sekitar. Termasuk bersama-sama menggaungkan semangat kerja bakti di lingkungan masing-masing.

"Tadi sempat ada banjir sebentar, tapi enggak tinggi. Setelah itu langsung surut. Biasanya agak lama. Mudah-mudahan saja ini bisa terus membaik," ujar salah satu warga di Jalan Pasundan yang enggan dipublikasikan namanya, Kamis (24/6/2021) sore. (HER/KMF-SMD)