TOP NEWS

Top

Rusmadi Ajak Warga Gotong Royong Membangun Samarinda

Rusmadi Ajak Warga Gotong Royong Membangun Samarinda

SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi kembali mengingatkan pentingnya kebersamaan dan gotong royong dalam bersama membangun Kota Samarinda.

Hal tersebut disampaikan pada arahannya di Masjid Syifa’ul Qulub, Jalan Sultan Alimuddin Kelurahan Selili Kecamatan Samarinda Ilir Senin (19/4/2021) malam dalam rangkaian Safari Ramadhan 1442 H Pengurus Cabang Nahdatul Ulama ( PCNU) Kota Samarinda.

“Dalam Safari Ramadhan ini kami sampaikan untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Selain itu kami Pemkot Samarinda juga ingin selalu dekat dengan warganya karena sekaligus bersilaturahmi secara langsung dengan warga masyarakat yang malam ini di Masjid Syifa’ul Qulub Kelurahan Selili Samarinda Ilir,” ucap Rusmadi.

Ia juga menyampaikan salam dari Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun.

“Pesan beliau, tidak mudah dan ringan tanpa bantuan warga masyarakat untuk membangun Kota Samarinda 5 tahun ke depan untuk mewujudkan Kota Peradaban,” katanya.

Menurut Rusmadi kebersamaan dan gotong royong sangat dibutuhkan untuk mewujudkan visi misi Kota Samarinda yang religius, unggul, dan berbudaya.

Dalam hal ini sebutnya meliputi rumah – rumah ibadah atau masjid, langgar, mushola semuanya keadaannya makmur jamaahnya selalu banyak dengan berbagai kegiatan keagamaannya.

Dijelaskan Rusmadi  Pemkot Samarinda memiliki tugas dalam rangka mewujudkan warganya bisa senang serta aman, nyaman dalam suasana damai tidak dalam ketakutan. “Bukan hanya nyaman bagi tempat tinggal saja tetapi pelaksanaan ibadah menurut keyakinan masing – masing serta perputaran ekonomi bisnis bisa berjalan tenang dengan baik,” tuturnya.

Oleh sebab itu lanjutnya partisipasi masyarakat nanti akan dibutuhkan melalui program Pro Bebaya.

“Kita artikan untuk semangat kebersamaan dan gotong royong dalam pembangunan Kota Samarinda. Kalau tidak ada partisipasi oleh masyarakat dan jamaah di masjid ini pasti program yang baik tersebut dari Pemkot Samarinda tidak akan bisa berjalan secara maksimal. Suasana guyub rukun, menghormati satu dengan yang lainnya dengan nilai budaya adalah kunci suksesnya pembangunan di masa yag akan datang. Mohon doa dan dukungan dari warga semua harus terlibat membuat itu semua, dengan kolaborasi bersama Pemkot Samarinda,” jelasnya.

Dalam program dasar 100 hari kerja ini Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi juga memfokuskan dalam masalah – masalah yang ada di masyarakat seperti sampah, parkir, jalan rusak, penerangan jalan sampai kebutuhan air bersih sangat diperhatikan.

“Dalam program 100 hari kerja di Pasar Sungai Dama yang tadinya macet oleh parkiran liar dan pedagang yang maju ke badan jalan, Alhamdulillah sudah mulai tertib. Masalah sampah juga sebagai kebaikan bagi kita semua yang sangat penting karena dari sana kita akan peduli terhadap lingkungan. Karena jalan raya itu adalah ibaratnya halaman depannya sedangkan keberadaan kota itu rumahnya. Sehingga bila ada tamu yang datang dari luar kota yang kita suguhin tampilan sampah maka akan malu kita semua,” bebernya.

Belum lagi katanya soal air bersih, Pemkot Samarinda sangat konsen untuk kebutuhan dasar warganya bisa terpenuhi tetapi mengingat luasnya Kota Samarinda maka akan dilaksanakan secara bertahap.

Dilaporkan juga oleh Wawali Samarinda bahwa Covid -19 di Kota Samarinda sudah mulai turun bahkan beberapa kecamatan mulai masuk zona kuning.

“Dengan mulai berturunnya kasus Covid-19 tetapi kita semua harus tetap waspada, Protokol Kesehatan (prokes) harus tetap dijalankan seperti kegiatan Sholat berjamaah seperti ini,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan tausyiah keagamaan, penyerahan infaq dari ASN Pemkot Samarinda kepada pengurus Masjid Syifa’ul Qulub.

Ikut mendampingi Wakil Wali Kota Samarinda Kabag Kesra Abdul Jami, Camat Samarinda Ilir Ramdani, Lurah Selili Akbariyah beserta PCNU Kota Samarinda.(BAY/DON/KMF-SMD)