TOP NEWS

Top

Buka Lomba Administrasi Dasawisma, Ketua TP PKK Samarinda Himbau Satu RT Dua Kelompok Dasawisma

Buka Lomba Administrasi Dasawisma, Ketua TP PKK Samarinda Himbau Satu RT Dua Kelompok Dasawisma

SAMARINDA.DISKOMINFONEWS - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Samarinda menggelar Lomba Tertib Administrasi Dasawisma.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini terhitung dari 11 Agustus dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj Herli Warsita Rusmadi di Aula Gedung PKK Kota Samarinda, jalan S Parman Rabu (11/08/2021).

Rinda Wahyuni dalam sambutannya mengatakan Dasawisma sangat penting, oleh itu ia mengimbau agar di setiap RT memiliki lebih dari dua Dasawisma. Karena kriteria yang baik menurutnya ialah ketika didalam satu RT itu terdapat sekitar 100 hingga 150 kepala keluarga maka setidaknya ada tiga Dasawisma yang terbentuk, sehingga program Pemerintah dapat berjalan.

"Hari ini lomba dilaksanakan dengan harapan semakin menambah pengetahuan dan pemahaman kita tentang apa itu Dasawisma, dan untuk mengetahui sejauh mana tertibnya administrasi yang diaplikasikan dengan kegiatan yang telah dilakukan pada saat pembinaan," ucap Rinda.


Tertib administrasi dasawisma lanjutnya, ialah sistem pengelolaan yang berhubungan dengan kelembagaan beserta dokumentasinya disetiap kegiatan yang meliputi pencatatan, pendataan, pelaporan dan pengarsipan yang dilakukan secara manual maupun menggunakan teknologi informasi sebagai suatu usaha mencapai tujuan dengan melaksanakan kegiatan administrasi secara tertulis atau ketata usahaan.

"Dengan dibentuk dasawisma disemua RT, maka akan sangat membantu program Pemerintah Kota Samarinda untuk pendataan masyarakat dalam berbagai bidang. Mari kita wujudkan Samarinda sebagai Kota pusat peradaban," ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Hj Riska Wahyuningsih menyampaikan pentingnya keberadaan Dasawisma karena merupakan kelompok potensial terdepan dalam pelaksanaan kegiatan PKK. Ia menganggap dengan adanya Dasawisma mampu menjadikan gerakan PKK yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk  menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir batin akan terwujud.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaporkan Riska mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 Agustus 2021 dengan tujuan merealisasikan program kerja TP PKK kota Samarinda dan memantapkan program kerja TP PKK Kota Samarinda yang bersinergis dengan program Pemerintah Kota Samarinda untuk dilaksanakan secara berjenjang daerah tingkat TP PKK Kota, Kecamatan, Kelurahan, RT sampai pada dasawisma serta melakukan evaluasi terhadap pembinaan yang telah dilakukan oleh TP PKK Kecamatan se Kota Samarinda.

"Melalui keberadaan Dasawisma mari tingkatkan ketahanan pangan keluarga dalam menghadapi pandemi," ucapnya mengakhiri. (FER/CHA/KMF-SMD)