TOP NEWS

Top

Besok Mini Expo Rakerwil Apeksi Dimulai, Ada Produk Khas UMKM, Sembako dan Pasar Tani Murah

Besok Mini Expo Rakerwil Apeksi Dimulai, Ada Produk Khas UMKM, Sembako dan Pasar Tani Murah

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Kegiatan Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional di kota Samarinda, 3-6 November 2021 ini ternyata juga memberi kebahagian pula bagi warga Samarinda dengan digelarnya Mini Expo selama 4 hari, 2-5 November.

“Selasa besok Mini Expo di halaman Museum Samarinda depan Taman Samarendah sudah kita mulai. Terbuka untuk umum, dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore setiap hari,” ungkap ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun saat dialog interaktif Pro 1 RRI Samarinda, Senin (1/11/2021).

Rinda menyebutkan Dekranasda dalam kesempatan ini mendapat kepercayaan dari Panitia Pelaksana Rakerwil Apeksi Regional Kalimantan untuk melaksanakan Mini Expo sehingga bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada para tamu dari 8 daerah dan tampil beda.

Termasuk lanjut Rinda momentum ini juga bisa memberikan kebahagian bagi warga untuk wisata belanja di Mini Expo.

“Bukan hanya produk khas UMKM dari 10 kecamatan saja, ada juga bazar sembako dan produk pasar tani dengan harga murah dan fresh dari petaninya. Ada daging, beras, sayur, lombok, tomat hingga telur,” beber Rinda lagi yang didampingi Plt kepala Dinas Perindustrian Samarinda Rita Dinar Tiurmaida.


Menurut Rinda dalam stan Mini Expo itu tidak menginginkan produk-produk yang biasa saja.

“Makanya kita memberikan kebebasan kepada ketua TP PKK di 10 kecamatan untuk berkreasi apa yang dijualnya, tapi tidak boleh melepaskan khas mereka masing-masing. Iniloh yang ada di kota kami, iniloh yang ada di kota kami tercinta dengan beraneka potensinya,” imbuh Rinda yang tampak lepas berdialog dengan pendengar setia RRI yang bahkan ada dari Kutai Barat hingga Balikpapan pun ikut bertanya.

Rinda menjelaskan mengapa turut menggelar sembako dan pasar tani murah, karena dalam topik Raker Apeksi itu membahas strategi Ketahanan Pangan untuk Masyarakat kota Dalam Masa Pandemi Covid-19 dengan best practice strategi Pengendalian Inflasi Daerah di Masa Pandemi Covid-19. 

“Target kita menggelar Mini Expo ini, bukan hanya untuk dikunjungi dan dilihat saja, tapi dikunjungi, dilihat dan dibeli,” ungkap isteri Wali Kota Samarinda ini penuh semangat.

Ditambahkan Rita Dinar yang juga ketua Harian Dekranasda kota Samarinda, Mini Expo selain di halaman Museum Samarinda juga akan digelar satu hari di Lamin Adat kelurahan Desa Budaya Pampang.

“Di Lamin ini kita laksanakan tanggal 4 November bersamaan rangkaian kegiatan Ladies Program atau isteri-isteri wali kota. Dalam hal ini visit tour ke Lamin,” pungkas Rita sekaligus menambahkan Raker Apeksi ini mengusung tema Bersatu, Tangguh dan Maju.(DON/KMF-SMD)