TOP NEWS

Top

Safari Ramadan di Lempake, Rusmadi Imbau Warga Dukung Program Relokasi TPS

Safari Ramadan di Lempake, Rusmadi Imbau Warga Dukung Program Relokasi TPS

SAMARINDA. Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi kembali menghadiri Safari Ramadan dan Salat Tarawih di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Lempake, Samarinda Utara, Jumat (7/5/2021) malam.

 

“Safari ini menjadi salah satu upaya menjaga silaturahmi. Hari ini adalah hari ke-73 dalam program 100 hari kerja kami bersama Bapak Wali Kota Dr H Andi Harun,” ujar Rusmadi dalam sambutannya.

 

Rusmadi mengaku memberi perhatian khusus terhadap persoalan yang dihadapi setiap harinya, yakni masalah sampah.

 

“Dalam program 100 hari kerja kami, salah satu prioritas adalah penanganan kebersihan kota, di antaranya masalah sampah,” ungkap Rusmadi.

 

Yang sudah berjalan dan berhasil sebut dia merelokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada di pinggir jalan utama.

 

“Kita ingin tidak ada lagi TPS di pinggir jalan. Sebagai daerah penyangga IKN (Ibu Kota Negara, Red), akan banyak yang datang ke Samarinda. Jangan sampai kedatangan mereka disambut dengan sampah,” pesan Rusmadi.

 

Oleh karena itu, ia mengajak untuk menjadikan Samarinda kota yang bebas dari sampah, dimulai dari rumah tangga.

 

“Ke depan kita akan membuat TPS yang bisa memilah sampah menjadi berharga, mempunyai nilai untuk meningkatkan pendapatan. Seperti menjadi kompos, kaleng-kaleng dan plastik setelah dipisahkan, dijual,” jabarnya.

 

Ia menyebutkan namanya TPS 3R yakni Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang) yang akan dibangun dengan menjangkau warga di wilayah Lempake itu berada di Kelurahan Gunung Lingai dan Kelurahan Tanah Merah. Menurutnya, dengan menangani persoalan sampah untuk kebersihan kota, juga turut berkontribusi mengurangi persoalan banjir.

 

“Salah satunya bagaimana kita mengatasi banjir, dengan memastikan aliran parit lancar. Apakah sampah, tiang-tiang rumah, pipa-pipa tidak menghambat jalannya air menuju ke parit besar dan sungai,” imbuhnya.

 

Kemudian persoalan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pun kata mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim ini, menjadi perhatian khusus Pemkot Samarinda di bawah kepemimpinan mereka seusai dilantik 26 Februari 2021 lalu.

 

“Selain mengatasi masalah kesehatannya, juga penting untuk menumbuhkan kembali perekonomian. Pak Wali (Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun, Red) membuka ruang untuk kegiatan ekonomi. Jadi kita jangan takut berlebihan dengan Covid-19. Tapi jangan atas nama ekonomi, sebebas-bebasnya berusaha. Tetap jaga protokol kesehatan, dan jangan lengah,” pesan mantan kepala Bappeda Kaltim ini.

 

Dalam kesempatan itu, Rusmadi juga menyampaikan dana bantuan untuk masjid. Tampak mendampingi Wawali, mulai Kabag Kesra Abdul Jami, Camat Samarinda Utara Syamsu Alam, dan Lurah se-Kecamatan Samarinda Utara. (DON/HER/KMF-SMD)