TOP NEWS

Top

Pro Bebaya Terbukti Tepat Sasaran dan Mampu Tingkatkan Kualitas Lingkungan

Pro Bebaya Terbukti Tepat Sasaran dan Mampu Tingkatkan Kualitas Lingkungan

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Satu tahun kepemimpinan Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun sudah sangat bisa dirasakan oleh masyarakat Kota Samarinda melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya) yang ia gagas melalui kampanye saat Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 lalu. Bahkan program unggulan ini terbukti langsung mengenai sasaran sebelum genap setahun menjabat.

Melalui rapat besar evaluasi pilot project Pro Bebaya 2021 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur pada Kamis (30/12/2021) siang yang menghadirkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, hingga Ketua Rukun Tetangga (RT) tersebut, para Ketua Forum RT yang mewakili setiap kecamatan se-Kota Samarinda menyampaikan laporan hasil dari pilot project Pro Bebaya pada tahun 2021.

Seluruh Ketua Forum  RT mengemukakan testimoni positif atas meningkatnya kualitas di lingkungan RT-nya, baik perbaikan akses jalan, drainase, pengadaan sound system, aula, serta pengembangan kegiatan warga melalui program pertanian dan perikanan pun disampaikan oleh seluruh ketua forum.


Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun pun sangat bahagia mendengar pendapat positif dari para pemangku lingkungan tentang perkembangan baik dari segi kualitas lingkungan, infrastruktur, serta kualitas warga sekitar.

"Kota Samarinda ini milik kita bersama. Jadi kita harus bekerja sama dalam merawat serta memajukan kualitas lingkungan kita. Tidak mungkin Wali Kota sendiri yang bekerja. Tentunya ada peran camat, lurah, dan paling penting peran RT yang langsung terjun dan bersinggungan langsung dengan masyarakat," kata Wali Kota.

Dana yang digelontorkan untuk Pro Bebaya ini terang dia, sebesar Rp100 juta per RT serta dana insentif ketua RT yang dinaikkan menjadi Rp1 juta..Kucuran dana ini mampu memberikan dampak positif untuk kemajuan lingkungan.

Wali Kota pun memastikan akan segera menyelesaikan sarana publik berupa Taman Bermain (Playground) di 10 kecamatan se-Kota Samarinda. Kemudian di tahun 2022 mendatang , Wali Kota mengaku segera menuntaskan masalah banjir. Terutama merelokasi rumah warga di bantaran sungai, perbaikan akses jalan, serta pembangunan terowongan di wilayah Kecamatan Sambutan. (HIR/HER/KMF-SMD)