TOP NEWS

Top

Manfaatkan Selokan untuk Budi Daya Ikan, Urban Farming Solusi Mendorong Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi

Manfaatkan Selokan untuk Budi Daya Ikan, Urban Farming Solusi Mendorong Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Walikota Samarinda, Dr H Rusmadi mengatakan pertanian di tengah perkotaan atau Urban Farming adalah sistem pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong atau selokan untuk budi daya ikan dan diatasnya ditanam sayuran dengan menggunakan sistem hydroponik. Sehingga ini diharaokan bisa membantu ekonomi masyarakat serta dapat menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Untuk perkotaan seperti Samarinda ini isunya adalah ruang terbuka hijau mulai semakin sempit. Oleh karena itu mengambil konsep Urban Farming yaitu dengan memanfaatkan ruang-ruang yang ada," kata Wawali  saat menghadiri acara Pengukuhan Pengurus  Pusat IKA FAPERTA UNMUL masa bakti 2021-2025 di Pendomo Rukun Tetangga (RT). 82, Keluarahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang, Minggu (19/9/2021) sore.

Ia mengatakan harus bersyukur di RT 82 ini ada lahan kosong milik yayasan AL -Azhar dengan luas 18.000 meter persegi.


“Jadi dengan memanfaatkan tanah yang ada untuk menanam bercocok tanam dan budi daya ikan," tutur orang nomor dua di Samarinda yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Mulawarman (Unmul) ini.

Tidak menutup kemungkinan kedepannya IKA Faperta Unmul sebutnya akan bersinegi, berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Samarinda) dan Pemerintah Provinsi Kaltim (Kalimantan Timur), akan hadir turut membantu masyakarat agar konsep Urban Farming ini bisa dilakukan di RT-RT lain.

"Memang semua membutuhkan proses secara bertahap, tapi paling tidak kita sudah memiliki konsep yaitu Urban Farming supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan juga masyarakat bisa hidup sehat yakni dengan mengkonsumsi hasil tanaman yang ditanam sendiri serta ikan hasil budi daya sendiri," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Kalimantan Timur sekaligus Ketua Umum IKA Unmul Dr H Isran Noor, Dekan Fakultas Pertanian Unmul Prof Dr H Rusdiansyah, Ketua Harian IKA Faperta Unmul Abdul Rohim dan Ketua RT 82 Zainal Hafis. (BAR/DON/KMF-SMD)