TOP NEWS

Top

GEMARIKAN akan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat

GEMARIKAN akan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Dalam rangka untuk meningkatkan konsumsi makan ikan pada masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menggelar Safari Gerakan memasyarakatkan  Makan Ikan (GEMARIKAN) yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda. Jum’at (09/04/2021)

Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)  ini bertujuan agar masyarakat selalu sehat dan berkualitas dalam kehidupan dan  mengangkat Tema “Makan Ikan, Sehat, Kuat, Cerdas”

Hadir pada acara Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Machmud, Wakil Komisi IV DPR RI G. Budisatriyo Dwiwandoyo (via Zoom), Wakil Ketua DPRD Samarinda Hemli Abdullah, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kaltim, Kepala Dinas Perikanan Samarinda, Ketua TP. PKK Kota Samarinda Rinda Andi Harun.

Dalam sambutan Wali Kota Samarinda yang dibacakan oleh Kepala Dinas  Perikanan Kota Samarinda  Sam Syaimun, menyampaikan dalam memasyarakatkan makan ikan adalah program nasional yang dicanangkan Menteri Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2004  yang bertujuan mengkampayekan  betapa pentingnya memakan ikan sejak dini sebagai pertumbuhan dan kecerdasan otak. Kegiatan ini juga mempunyai tujuan yang bermanfaat yakni memupuk generasi bangsa yang kuat, sehat dan cerdas.  Dengan membudayakan  gemar makan Ikan ini maka akan membentuk anak bangsa  yang berkualitas.

Tidak hanya itu gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan diharapkan  dapat menjadi motivasi untuk seluruh warga masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengolah makanan yang berbahankan ikan,“ ucapnya.

Pemerintah Kota Samarinda mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama mitra Kerja Komisi IV DPR RI yang telah melaksanakan Kegiatan Perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)  di Kota Samarinda.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua IV DPR RI  Budisatrio Dwiyandono menyampaikan melalui aplikasi Zoom mengatakan kegiatan  ini  adalah Program yang sangat baik  yang mengkampayekan gemar makan ikan yang diselenggarakan oleh Dirjen Penguatan  Daya  Saing Produk  Kelautan dan Perikanan yang bekerja  sama dengan Komisi IV DPR RI.

Program Gemar Makan Ikan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan bagi masyarakat luas terutama untuk anak-anak. Program ini akan selalu ditingkatkan untuk dapat membantu perkembangan serta meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya.

Dijelaskan oleh Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan  (PDSPKP)  RI, Machmud  menjelaskan kegiatan ini memiliki tujuan tertentu yaitu untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya pada anak-anak agar dapat meningkatkan kecerdasan pada anak.

“Melalui Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.  Dan diharapkan generasi  ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri dan tangguh dalam menghadapi  tantangan,“ tutup  Machmud.

Di akhir acara Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan  (PDSPKP) Machmud membagikan 500 paket Produk Olahan berbahan dasar ikan kepada masyarakat Kota Samarinda. (EKO/KMF-SMD)