TOP NEWS

Top

Safari Jumat, Wawali Serahkan Zakat ASN Pemkot Samarinda

Safari Jumat, Wawali Serahkan Zakat ASN Pemkot Samarinda

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi melakukan Safari Jumat di Masjid Ad Da'wah, Kompleks Perumahan Grend Mahakam, Jalan Siradj Salman, Samarinda Ulu, Jumat (9/4/2021) siang. Dalam kesempatan ini, Wawali juga memberikan bantuan zakat Dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Samarinda untuk digunakan sebagaimana mestinya dalam pembangunan masjid.

Usai melaksanakan Salat Jumat, Rusmadi menyampaikan ucapan terima kasih dan memotivasi serta memperkenalkan diri kepada masyarakat.

“Tahun ini kita semua akan menjalankan ibadah puasa atau ibadah Ramadan, tapi kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019, Red). Untuk itu saya juga ingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak. Juga lakukan sterilisasi," pesan Rusmadi.

Orang nomor dua di Kota Samarinda ini juga mengatakan saat ini kita sedang ramai digalakkan komoditas tanaman porang dan jahe merah.

"Komoditas ini sudah ada off taker (penyedia sarana dan prasarana produksi, Red)-nya. Jadi masyarakat tinggal sediakan lahan,” ujarnya.

Sementara dalam ceramahnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2012, Prof Dr Din Syamsuddin menjelaskan makna dalam menjalankan ibadah puasa yang tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 183-185, Dalam ayat ini, Allah telah menurunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasannya. Allah juga menyampaikan barang siapa di antara kamu hadir di negeri tempat tinggalnya di bulan itu, hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.

“Barang siapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain," ucap Din Syamsuddin. (FAN/HER/KMF-SMD)