TOP NEWS

Top

Keterbukaan Informasi Publik Samarinda Dinilai Paling Baik

Keterbukaan Informasi Publik Samarinda Dinilai Paling Baik

SAMARINDA. KOMINFONEWS  - Luar biasa membanggakan. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan keberhasilan Kota Samarinda dalam meraih penghargaan sebagai ‘Badan Publik Informatif’ pada malam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Provinsi Kaltim Tahun 2021, Senin (13/12/2021) malam. Tentunya prestasi ini tidak mudah untuk diraih, tetapi harus melalui kerja keras dengan melibatkan segenap komponen terkait. Khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.


Bahkan Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun sendiri mengaku ikut berbangga dan senang dengan prestasi yang diraih tersebut. Menurut orang nomor satu di Kota Samarinda ini, sangat pantas bagi dirinya untuk memberikan apresiasi terhadap pihak-pihak di belakanag layar yang sudah bekerja maksimal selama ini untuk menyampakan informasi secara baik dan benar kepada masyarakat.

“Terutama Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika, Red) dengan komandannya Kepala Diskominfo, ada Kepala Bidang, dan segenap stafnya. Mereka semua layak untuk mendapatkan apresiasi untuk ini, karena telah membangun KIP di Kota Samarinda. Keberhasilan ini bukan semata hanya keberhasilan Pemkot Samarinda, tetapi keberhasilan segenap warga Kota Samarinda,” kata Wali Kota seusai menerima penghargaan.


Dikatakannya, dalam setiap kesempatan, ia selalu memotivasi bahwa semua pihak memang harus terbuka dalam memberikaan informasi. Bukan karena sekadar ingin mengejar penghargaan, tetapi memang sejatinya KIP memang sudah merupakan amanat yang harus dijalankan secara sungguh.

“Ada ataupun tidak ada penghargaan, KIP itu memang sudah menjadi suatu keharusan. Karena publik berhak untuk mengetahui semua hal yang dikerjakan pemerintah. Informasi Pemkot harus disampaikan ke publik, dan warga merasa sudah mengakses informasi yang disajikan. Saya berpesan agar bisa terus pertahankan ini. Karena ada adagium yang mengatakan bahwa mempertahankan itu jauh lebih sulit daripada sekadar meraihnya,” ungkapnya.


Sementara Kepala Diskominfo Kota Samarinda, Dr Aji Syarif Hidayatullah mengatakan keberhasilan yang diraih ini bukan hanya karena dirinya semata. Tetapi berkat kerja keras segenaap staf yang sudah bekerja dengan hati secara ikhlas dan cerdas dalam menyajikan informasi publik. Sama dengan Wali Kota, ia berharap agar prestasi ini bisa terus dipertahankan ke depan. 

“Saya apresiasi kerja tim yang luar biasa sehingga bisa meraih penghargaan ini. Bahkan tahun lalu penghargaan ini sempat bergeser ke daerah lain, dan alhamdulillah, tahun ini kembali bisa kita raih. Semoga ke depan nanti bisa terus kita pertahankan,” pungkasnya. (HER/KMF-SMD)