TOP NEWS

Top

Pesan Wali Kota ke Tamu Workshop : Habiskan Uang Sangu untuk Belanja di Samarinda

Pesan Wali Kota ke Tamu Workshop : Habiskan Uang Sangu untuk Belanja di Samarinda

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Workshop Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif digelar di Kota Samarinda, Selasa (30/11/2011) siang. Program ini diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain workshop, siang itu juga sekaligus penetapan 11 Kabupaten/Kota Kreatif Tahun 2021 di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno. Kota Samarinda sendiri ditunjuk sebagai kota terakhir dalam rangkaian kegiatan Workshop KaTa Kreatif Indonesia 2021 Kemenparekraf dari 25 kabupaten/kota Se-Indonesia.

Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun dalam sambutannya mengaku bangga dengan ditunjuknya Kota Tepian sebagai kota penutup sekaligus puncak dalam rangkaian workshop inovasi dan kewirausahaan kali ini. Apalagi kata dia, tamu serta kepala daerah yang hadir siang itu bukan hanya dari wilayah Kaltim saja melainkan dari pulau Jawa hingga Indonesia Timur. Tentunya menurut Andi Harun, ini menjadi sebuah kehormatan bagi dirinya.

“Jujur saya sangat bangga karena Kota Samarinda ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Kementerian Pariwisata dalam acara ini. Atas nama pribadi dan pemerintah, saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf untuk para tamu daerah apa bila selama berada di kota kami, ada kekurangan. Saran saya, selama berada di Samarinda jangan sampai ada uang sangu yang tersisa, tolong habiskan semua di sini untuk belanja,” kata Wali Kota.


Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini juga memberikan apresiasi atas diselenggarakannya workshop tadi, dengan harapan ekonomi kreatif di Samarinda dapat tumbuh. Menurutnya, pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak boleh menjadi penghalang bagi pelaku usaha untuk kehilangan arah kreatif dan inovasi.

“Untuk itu, semoga acara ini memiliki makna tersendiri. Saya juga sudah mengajukan kepada Kementerian agar Sungai Mahakam menjadi salah satu destinasi wisata," kata Andi Harun.

Sementara Menteri Parekraf Sandiaga Uno dalam arahannya mengatakan ditunjuknya Samarinda sebagai tempat diselenggarakan event kali ini karena banyaknya potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang bisa diandalkan. Sehingga ke depan, Kota Tepian harapannya bersama kabupaten kota lainnya bisa menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif seperti 11 daerah yang telah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif 2021 oleh Kemenparekraf.

"Saya mendorong Kota Samarinda untuk turut serta aktif dalam kegiatan Uji Petik Penilaian Kabupaten/Kota Kreatif (PMK3I) yang merupakan bagian dari program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia," pintanya.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Ketua Komisi X DR RI Hetifah Sjaifudian, dan perwakilan kepala daerah dari 21 kabupaten/kota yang menerima penghargaan KaTa Kreatif 2021 dari Menteri Parekraf secara luring maupun daring. (CHA/HER/KMF-SMD)