TOP NEWS

Top

Libatkan Relawan, Pemkot Samarinda Segera Bentuk Unit Reaksi Cepat

Libatkan Relawan, Pemkot Samarinda Segera Bentuk Unit Reaksi Cepat

SAMARINDA. KOMINFONEWS –  Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda tengah bersiap untuk membentuk Unit Reaksi Cepat (URC). Bahkan Kamis (3/6/2021) pagi, di bawah komando Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, dilaksanakan rapat persiapan pembentukan. 

Rapat yang dipimpin Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda dr Nina Endang Rahayu itu dihadiri perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), serta perwakilan relawan.

Nina mengatakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda sangat berharap penuh agar bisa melayani masyarakat secara cepat dan tepat.

“Oleh karena itu , pemerintah berinisiatif untuk membentuk URC Kota Samarinda yang di dalamnya melibatkan segenap OPD terkait," kata Nina.


Sementara Kepala Diskominfo Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah berharap agar Pemkot Samarinda melalui Asisetn II bisa menunjuk salah satu OPD sebagai leading sector agar bisa menganggarkan segala kebutuhan URC. 

“Untuk sementara ini kami banyak sekali dibantu oleh para relawan yang ada di Kota Samarinda, di mana mereka melakukan dengan  cepat dan sigap. Dibentuknya URC ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dalam rangka percepatan pelayanan bagi warga Samarinda, agar segala persoalan yang terjadi di masyarakat dapat dilayani dengan cepat. URC yang dibentuk ini akan satu pintu. Sehingga semua pelayanan kepada masyarakat dapat dieksekusi dengan cepat,” ujar Dayat –sapaan akrab Aji Syarif Hidayatullah.

Menaggapi permintaan itu, Nina mengaku sepakat jika leading sector-nya nanti ada di BPBD Samarinda. Ia bahkan berharap ke depan tidak terlalu banyak pintu untuk pelayanan. Sementara untuk tempat, nanti bisa menggunakan bangunan yang ada di Area Taman Samarendah.

Sementara salah satu anggota relawan, Jokis mengaku merasa senang dengan diberikan ruang dan dilibatkan secara langsung oleh Pemkot Samarinda dalam pembentukan URC Kota Samarinda. (EKO/HER/KMF-SMD)