TOP NEWS

Top

Dukung Percepatan Kekebalan Komunal, Wali Kota Apresiasi Vaksinasi Massal PKK 3.000 Dosis

Dukung Percepatan Kekebalan Komunal, Wali Kota Apresiasi Vaksinasi Massal PKK 3.000 Dosis

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal Covid-19 garapan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kota Samarinda dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim.

Sedikitnya ada sebanyak 3.000 dosis vaksin yang siap disuntikkan ke warga yang berlangsung di aula GOR Segiri Samarinda, Minggu (7/11/2021).

“Saya salut kepada para pengurus dan kader PKK yang ikut mensukseskan acara vaksinasi massal ini. Kontribusinya terhadap pencapaian target vaksin kita sangat besar. Saya ucapkan terima kasih dan PKK hebat,” ucap Andi Harun ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi massal.

Andi Harun mengaku senang dimana hingga saat ini pencapaian vaksinasi Covid-19 kepada warga di Samarinda sudah mencapai 60 persen.

“Sesuai dengan target yang saya canangkan, akhir November Insya Allah kita berusaha untuk bisa mencapai 70 persen. Supaya kekebalan komunal atau herd imunnity bisa segera terbentuk,” kata Andi Harun.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan kabar positif dimana angka kesembuhan sudah mencapai 95,43 persen dimana angka tadi diatas rata-rata nasional 82,90 persen. Dan hingga hingga saat ini ada 31 orang dalam perawatan dan angka kematian pun sudah tidak ada.


“Semoga yang dalam perawatan sudah segera sembuh dan angka ini bisa terus kita pertahankan. Rasio kapasitas tempat tidur Covid-19 atau BOR (Bad Occupation Rate) kita sudah 0 persen, jauh dibawah standar WHO maksimal 60 persen. Masyarakat minimal 1 M, memakai masker dan vaksinnya juga sudah tercapai, Insya Allah kita bisa berada di level 1. Minimal 75 persen kegiatan masyarakat bisa segera dibuka. Itu sebabnya saya selalu himbau agar kita selalu kerjasama. Selalu pakai masker dan cari dimana bisa ikut vaksin, apakah di kegiatan vaksin seperti ini atau ke Puskesmas-Puskesmas, supaya kekebalan komunal cepat terbentuk,” pungkas Andi Harun.

Ketua TP PKK Samarinda Hj Rinda Wahyuni mengatakan kegiatan vaksin dosis kedua ini sebanyak 3.000 dosis, terdiri 2.700 Pfizer dan 300 sinovac, untuk masyarakat umum termasuk ibu hamil. Dimana untuk dosis pertama dilaksanakan di Sekretariat TP PKK kota Samarinda jalan S Parman di area Taman Cerdas samping rumah jabatan wali kota Samarinda.

“PKK Kota Samarinda turut membantu percepatan vaksinasi dalam penanganan Covid-19 di kota Samarinda. Ini bentuk sinergi kami dengan Pemerintah selaku mitra dari pemerintah dalam kebersamaan mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal,” ucap isteri wali kota Samarinda ini.

Rinda juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan kader PKK Samarinda, kecamatan dan kelurahan serta para tenaga kesehatan (Nakes) yang telah membantu demi suksesnya pelaksanaan vaksinasi massal ini.


“Seperti bidan-bidan yang tergabung di IBI, faskes (Fasilitas Kesehatan) klinik swasta yang bergabung di vaksinasi dosis kedua hari ini sebanyak 12 faskes klinik juga teman-teman dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) kota. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi terlaksananya vaksin hari ini, juga kepada BKKBN provinsi. Kita berdoa mudah-mudahan dengan percepatan vaksin ini bisa segera menurunkan kasus Covid di kota ini dan kita bisa menjadi 0 level,” tutur Rinda yang juga ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda.

Sementara, Arin salah satu warga kelurahan Sambutan yang pagi itu telah mendapatkan suntikkan kedua vaksinasi massal bersama orang tuanya menyampaikan terima kasih kepada PKK dan Pemerintah yang telah mengakomodir warga hingga akhirnya bisa mendapatkan dosis vaksin mulai dari tahap pertama hingga kedua .

“Terima kasih kepada PKK Samarinda yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal. Semoga PKK terus bisa berbuat untuk kesejahteraan warga terlebih kami kaum wanita,” pungkas Arin.(DON/CHA/KMF-SMD)