TOP NEWS

Top

Hadiri Pelantikan Ketua RT Se Kelurahan Sungai Pinang Luar, Wawali Titip Masalah Sampah

Hadiri Pelantikan Ketua RT Se Kelurahan Sungai Pinang Luar, Wawali Titip Masalah Sampah

SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi menekankan bahwa program dasar 100 hari kerja dirinya bersama Wali Kota Dr Andi Harun  sangat fokus dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat seperti, sampah, parkir dan Pedagang Kaki lima (PKL). Hal ini disampaikan Wawali dalam menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan 37 Ketua RT se-Kelurahan Sungai Pinang Luar periode masa bakti 2021-2024 Kecamatan Samarinda Kota, Rabu (21/4/2021), di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Kota.

 

“Untuk mengatasi masalah ini tadi harus ada dukungan dari warga agar program unggulan pemerintah ini bisa berjalan dengan maksimal,” kata Rusmadi mengawali pidatonya.

 

Menanggapi pelantikan Ketua RT ini ia memberikan apresiasi inisiasi dari Kelurahan Sungai Pinang Luar dan Kecamatan Samarinda Kota.

 

“Menurut saya Ketua RT ini kinerjanya sudah sangat luar biasa dan dipilih secara langsung oleh warganya. Kami yakin bapak dan ibu RT ini yang terbaik di lingkungan masing – masing. Makanya saya datang dan ingin bicara langsung kepada seluruh Ketua RT yang dilantik tersebut karena ini adalah hari yang sangat penting dan bersejarah. Pemkot Samarinda ingin menata dan membangun Kota Samarinda yang kita cintai dengan melibatkan seluruh warganya karena Ketua RT ini ujung tombak,” ungkapnya.

 

Terkait masalah program pemindahan TPS sampah yang baru-baru ini dilakukan, menurut mantan Sekdaprov Kaltim ini mengibaratkan jalan raya itu adalah halaman depan rumah sedangkan keberadaan kota itu rumahnya. Sehingga bila ada tamu yang datang dari luar kota bila disuguhkan tampilan tumpukan sampah maka akan tidak baik bagi kita semua. 

 

“Maka saya titip pesan langsung kepada seluruh RT di wilayahnya untuk selalu menjaga kebersihan terutama dari sampah ini. Kunci dari persampahan ini harus mengurangi sampah rumah tangga dan ke depannya sampah kita jadikan sahabat karena limbah sampah bisa kita pilah dan arahnya nanti akan menuju program Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Reduse, Reuse, Recycle  (3R),” tambahnya.

 

Selain itu, semenjak Kalimantan Timur dicanangkan menjadi Ibu Kota Negara maka sambung Wawali Kota Samarinda diharapkan bisa menjadi kota strategis dan modern sehingga masalah sampah menjadi yang sangat serius untuk dibenahi.

 

“Memang tidak mudah oleh sebab itu partisipasi dukungan warga sangat kami harapkan. Apalagi Kelurahan Sungai Pinang Luar ini banyak di pinggiran Sungai Karang Mumus maka untuk mengatasi banjir ini yang jelas parit – parit kecil harus lancar menuju parit besar dan berlanjut ke Sungai Karang Mumus . Kalau jalur air lancar tidak ada penyumbatan sampah Insya Allah banjir bisa ditekan,” beber orang nomor dua di Kota Samarinda tersebut.

 

Sementara, Camat Samarinda Kota Anis Siswantini yang berkesempatan melantik sebanyak 37 RT se-Kelurahan Sungai Pinang Luar mengatakan kebanggaan bahwa Pelantikan Ketua RT ini bisa didatangi Bapak Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi.

 

“Ini amanah karena bapak dan ibu RT ini pilihan dari warganya, sebagai garda terdepan maka bapak ibu bertanggung jawab di wilayah masing – masing. Dan diharapkan terus bekerjasama dan berpartisipasi dalam ikut pembangunan kota khususnya bidang keamanan, ketentraman serta kebersihan lingkungan masing – masing untuk menuju Kota Samarinda sebagai pusat peradaban,” tutupnya. Bay/Cha/Kmf-Smd