TOP NEWS

Top

Walikota Samarinda Salurkan Bantuan Tahap Dua Paket Sembako, Mahasiswa dan Santri Ikut Kebagian

Walikota Samarinda Salurkan Bantuan Tahap Dua Paket Sembako, Mahasiswa dan Santri Ikut Kebagian

 

SAMARINDA. Memasuki fase relaksasi tahap dua, Pemkot Samarinda kembali menyalurkan bantuan sosial kepada warga yang terdampak selama pandemi Covid-19 di Kota Tepian. Jika bantuan sebelumnya ada sebanyak 34.000 lebih telah tersalurkan semua pada Mei kemarin, maka bantuan tahap kedua kali ini Pemkot telah menyediakan 77.000 paket sembako yang akan disalurkan kepada warga Samarinda, diantaranya mulai dari lansia, pengemudi ojek online, mahasiswa yang berdiam sementara di Samarinda, para santri dan kaum Masjid dan penjaga gereja, serta rumah ibadah lainnya.

 

“Jumlah bantuan tahap dua ini memang lebih banyak dari pada bantuan sebelumnya. Karena kita harap bantuan kedua ini bagi warga yang terdampak dari segi ekonomi selama Covid-19 bisa menerima semua. Jadi tidak ada lagi yang tertinggal,” ungkap Walikota Samarinda, Syaharie Jaang saat menyerahkan secara simbolis bantuan tadi, Jumat (19/06) pagi di Perumahan Graha Indah, Jl Pangeran Suryanata.

 

Menurut Jaang, selain warga Samarinda bantuan tersebut juga khusus tertuju kepada anak-anak mahasiswa yang masih indekost dan para santri yang tinggal di pondok pesantren. Karena jelas dia, tak sedikit mahasiswa dan para santri yang menimba ilmu di Kota Tepian ini tidak bisa kembali ke kampung halaman karena imbas dari pandemi Corona.

 

“Kasihan mereka ini, menurut data yang saya terima mahasiswa di Samarinda ada yang berasal dari Jawa, Sumatera hingga Papua, sehingga paket bantuan yang kita salurkan ke mereka sebanyak 3.100 paket, sedangkan untuk santri kita siapkan sebanyak 220 paket,” kata Walikota.

 

Ia menambahkan, semua paket sembako tersebut diambil dari anggaran sisa APBD Kota Samarinda. Sedangkan paket untuk kaum Masjid dan penjaga gereja diambil dari dana infaq pegawai Pemkot Samarinda.

 

“Sebenarnya banyak kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid di Samarinda bagi warga terdampak, tak hanya mendistribusikan paket sembako, saya juga mengeluarkan kebijakan untuk menggratiskan iuran PDAM bagi rumah ibadah dan rumah golongan D1 untuk pemakaian 10 kubik pertama,” aku Jaang menutup.

 

Selain menyalurkan paket Sembako, pagi itu Walikota juga berkesempatan untuk meresmikan bangunan Posyandu Lansia di Perumahan Graha Indah, Kelurahan Air Putih. (cha/don/kmf-smd)