TOP NEWS

Top

Pastikan Personel Sehat, Wawali Rusmadi Pantau Kesiapan Pos Pengamanan Penyekatan Idulfitri

Pastikan Personel Sehat, Wawali Rusmadi Pantau Kesiapan Pos Pengamanan Penyekatan Idulfitri

SAMARINDA. Wakil Wali Kota Samarinda DR Rusmadi meninjau langsung kesiapan  petugas yang berjaga di pos pengamanan penyekatan Hari Raya Idulfitri Tahun 2021, Rabu (12/5/2021) pagi.

 

Mengambil start dari Rumah Jabatan (Rujab) Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi yang pagi itu didampingi Asisten I Setkot Samarinda Tejo Sutarnoto langsung menuju posko penyekatan di Bandara Apt Pranoto, Sei Siring lalu bergerak ke posko Suryanata dan posko pintu masuk Balikpapan - Samarinda tepatnya di Uptd Metrologi Kota Samarinda.

 

Kunjungannya kali ini sebenarnya untuk mengontrol kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) personel yang berjaga di setiap posko khususnya dari segi kesehatan.

 

“Karena biar bagaimana pun personel yang bertugas harus sehat, imun daya tahan tubuh juga harus terjaga. Jangan sampai personil yang piket malah terpapar kan bisa bahaya. Karena mereka yang bertugas ini akan melakukan pengecekan saat ada kendaraan yang melintas di posko penyekatan,” kata wawali.

 

Oleh itu, Ia meminta kepada personel yang bertugas untuk memastikan betul bahwa tidak ada mudik lokal. Jika pun ada masyarakat yang masuk ke Kota Samarinda sesuai dengan aturan akan diperiksa terlebih dahulu menggunakan rapid test yang telah di siapkan secara gratis oleh pemerintah.

 

“Bahkan TNI-Polri siap memberikan tindakan tegas dan terukur bagi yang melanggar, sedangkan Pol PP Kota Samarinda akan menindak sesuai Perda begitu pun dengan petugas kesehatan yang selalu siaga apabila ada yang terpapar. Saya berharap jangan sampai petugas-petugas kita ini malah lengah dari para pemudik, juga lengah pada kesehatan diri masing-masing,” pesannya.

 

Sementara, Kepala Satuan Pol PP Kota Samarinda, Muhammad Darham menambahkan sesuai dengan intruksi Kepala Daerah bila ada masyarakat luar daerah yang ingin masuk ke Kota Samarinda maka personil yang bertugas di pos pengamanan penyekatan akan mengalihkan kembali para pemudik tadi ke daerah asal.

 

“Arahan ini juga sudah disampaikan oleh pak Wawali tadi, bila ada masyarakat yang ingin masuk wilayah Kota Samarinda akan di periksa terlebih dahulu, bila sesuai dengan aturan maka akan dilakukan rapid tes, sedangkan bila tidak sesuai aturan maka akan kami minta untuk putar arah kembali,” ungkapnya.

 

Peninjauan pos penyekatan pagi itu berakhir di pos Jembatan Mahkota II. Hadir juga dalam rombongan Kepala Dinas Kesehatan Samarinda dr Ismed Kusasih, Plt Kepala Dinas Perhubungan Herwan Rifai dan Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Kota Samarinda Wahiduddin.(Fun/Cha/KMF-SMD)