TOP NEWS

Top

Tujuh Tahun Berturut Raih WTP, Andi Harun : Mempertahankan itu Lebih Sulit

Tujuh Tahun Berturut Raih WTP, Andi Harun : Mempertahankan itu Lebih Sulit

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Di awal masa jabatannya, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Dr. H. Rusmadi atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020. Untuk tahun ini adalah yang ketujuh kali secara berturut-turut.

Penyerahan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2020 ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar kepada Wali Kota bersama Ketua DPRD Samarinda Sugiyono didampingi Wawali Rusmadi di Kantor BPK RI Perwakilan Kaltim, Jalan M Yamin, Samarinda Ulu, Jumat (28/5/2020) siang.


“Saya merasa tersanjung, bahagia, dan bangga, karena atas semua perjuangan teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) dan dukungan teman-teman di DPRD, akhirnya kita bisa mempertahankan opini WTP yang ketujuh kalinya,” ucap Andi Harun dalam sambutannya seusai menerima dokumen LHP.

Andi Harun juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Perwakilan beserta seluruh staf dan jajaran BPK RI Perwakilan Kaltim yang telah melaksanakan tugas, fungsi, dan tanggung jawab konstitusional BPK untuk memastikan pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkot Samarinda secara tertib, efisien, efektif, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dikatakannya lagi, opini WTP ketujuh ini merupakan buah dari hasil kerja keras bersama. Ia menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Samarinda yang telah mendukung program Pemkot Samarinda serta kepada seluruh kepala OPD beserta jajarannya, serta para pengelola keuangan yang merupakan ujung tombak pengelolaan keuangan daerah Kota Samarinda yang telah bekerja dengan baik selama ini. 

“Semoga apa yang telah kita kerjakan ini memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan Kota Samarinda. Tetap memberikan kontribusi terbaik, agar opini WTP dapat terus kita pertahankan,” pesannya.

Andi Harun mengatakan, mempertahankan jauh lebih sulit dibanding meraihnya. Di mana Samarinda telah meraih WTP berturut-turut, dari tahun 2014 hingga tahun 2020. Ia memastikan akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menindaklanjuti setiap catatan dan rekomendasi yang diberikan dengan harapan terjadinya peningkatan tata kelola keuangan daerah di Kota Samarinda.


“Ada tiga catatan rekomendasi yang diberikan. Saya minta Inspektorat untuk sesegera mungkin melaksanakan catatan yang diberikan. Saya minta mulai hari Senin (31/5/2021) nanti sudah mulai dikerjakan tanpa harus menunggu instruksi tertulis dari Wali Kota,” tandas mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Dr H Sugeng Chairuddin, Asisten I Tejo Sutarnoto, Asisten II drg. Nina Endang Rahayu, Asisten III Dr. H. Ali Fitri Noor, dan sejumlah kepala OPD terkait di lingkungan Pemkot Samarinda. (DON/HER/KMF-SMD)