TOP NEWS

Top

Tekan Penggunaan APBD, Seluruh Pejabat Kerja Bakti Mengecat Trotoar dan Median Jalan

Tekan Penggunaan APBD, Seluruh Pejabat Kerja Bakti Mengecat Trotoar dan Median Jalan
SAMARINDA, KOMINFONEWS –Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus menerus berupaya memaksimalkan kinerjanya serta memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat, bahwa didalam pembangunan tidak harus semua menggunakan Anggaran Pendapatan Biaya Daerah (APBD).
“Hari ini seluruh jajaran Pemkot turun bergotong royong. Pesan yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat adalah jika motivasi kita tinggi untuk bergotong royong atau kerja bakti, maka pembangunan Kota Samarinda cepat terselesaikan,” pesan Wali Kota dalam kegiatan kerja bakti pengecatan trotoar dan median jalan, Sabtu (29/5/2021) pagi.
Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga mengungkapkan ada banyak kegiatan yang tidak harus selalu bergantung pada APBD, seperti beberapa pekan lalu di Palaran, masyarakat bersama Camat dan Lurah bergotong royong membersihkan drainase dalam upaya penanggulangan banjir.
“Dengan sinergi kolaborasi Pemerintah, TNI, Polri dan terutama masyarakat, maka millyaran rupiah bahkan mungkin puluhan milliar rupiah bisa kita hemat tidak harus mengunakan APBD. Mengapa itu perlu, karena kita tahu antara masalah pembangunan jauh lebih besar dari pada kemampuan pembiayaan kita,” kata Wali Kota.
Andi Harun menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperkokoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat.
“Kalau kita sudah menyadari dan sampai pada tingkat bahwa Kota kita merupakan tanggung jawab kita bersama, maka energi kebersamaan itu bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lingkungan kita, seperti contoh parit tersumbat sampah di lingkungan, itu bisa selesai pada tangan masyarakat,” tuturnya.
Adapun mediam jalan yang dilakukan pengecatan hari ini antara lain Jalan M. Yamin, Simpang Tiga Lembuswana, Jalan Pahlawan, Taman Samarendah dan Simpang Tiga Bank Kaltimtara.
“Karena ini tidak menggunakan APBD, kami semua urunan mulai dari Wali Kota, Wawali, Sekda dan Asisten sampai Kepala Dinas ada juga sumbangan-sumbangan pihak ketiga untuk membeli cat dan kuas yang untuk kita gunakan kerja bakti hari ini,” pungkasnya.
Tampak ikut bergabung juga beberapa pengurus PKK kota Samarinda yang langsung dipimpin ketua TP PKK Samarinda Hj. Rinda Wahyuni Andi Harun. (BAR/DON/KMF-SMD)