TOP NEWS

Top

Safari ke Kelompok Dasawisma, Rinda Wahyuni: PKK Bukan Sekadar Tempat Arisan dan Pengajian

Safari ke Kelompok Dasawisma, Rinda Wahyuni: PKK Bukan Sekadar Tempat Arisan dan Pengajian

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Samarinda terus bergerak untuk bersinergi dengan Pemkot Samarinda dalam membangun kota ini. Saat ini mereka tengah gencar melakukan safari atau kunjungan ke 10 kecamatan di kota ini untuk melakukan pembinaan Dasawisma.

Kegiatan dimulai Senin (28/6/2021) dengan menyambangi Kecamatan Palaran dan Samarinda Seberang. Selanjutnya akan bergeser setiap hari ke kecamatan lain. Kegiatan rencana berlangsung hingga Jumat (2/7/2021) nanti. 

Saat menyampaikan sambutan pada kegiatan di hari pertama tersebut, Ketua TP PKK Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun berharap agar peran PKK dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, serta mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. Seperti dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. 

“PKK bukanlah tempat arisan dan pengajian saja, tetapi merupakan wadah bagi pemberdayaan masyarakat. Kalau arisan dan pengajian, setiap perkumpulan beberapa orang bisa saja  dilakukan. Tapi PKK lebih dari itu, merupakan wadah pemberdayaan,” ungkap Rinda.


Namun pada kenyataannya di lapangan lanjut dia, masih ada Kelompok Dasawisma yang belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diharapkan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka untuk meningkatkan prakarsa, kemauan, dan kemampuan para kader PKK khususnya di Kelompok Dasawisma, perlu adanya pembinaan, bimbingan, dan arahan yang seksama, terpadu, terkendali, dan berkesinambungan oleh TP PKK secara berjenjang, mulai dari TP-PKK Kota, Kecamatan sampai ke TP-PKK Kelurahan dan RT.

“Kepada masing-masing Ketua TP PKK , agar segera melakukan pencanangan yang sama di tingkat kecamatan. Sehingga dengan demikian, dalam satu bulan penuh ini, betul-betul bisa dilakukan pembinaan terpadu secara berjenjang dalam rangka menggerakkan Kelompok Dasawisma untuk lebih optimal. Semoga klasifikasi Dasawisma yang ada di Kota Samarinda bisa meningkat dari Tumbuh menjadi Berkembang, dan dari Berkembang meningkat menjadi Maju. Pembinaan atau pembentukan Dasawisma kali ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberadaan Dasawisma di Kota Samarinda, keaktifan kegiatannya, serta tertib administrasi yang dibuat oleh kelompok Dasawisma,” terang istri Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun ini. (HER/KMF-SMD)