TOP NEWS

Top

Rusmadi Minta Izin Reklame Dipermudah

Rusmadi Minta Izin Reklame Dipermudah

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Setelah pagi harinya Sabtu (10/4/2021) Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun berkesempatan membuka musyawarah Himpunan Pengusaha Konstruksi Reklame (HPKR) Kota Samarinda yang ke-3 di Hotel Aston Samarinda, sore harinya giliran Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi melantik kepengurusan HPKR yang baru periode 2021-2025 di tempat yang sama.

“Alhamdulillah kita saksikan bersama pelantikan pengurus HPKR yang baru periode 2021-2025 dan saya ucapkan selamat dan sukses untuk menjalankan amanahnya. Diharapkan HPKR bisa membawa kemajuan kepada dunia industri reklame di Kota Samarinda ke depannya, serta menjadi organisasi yang sehat serta berkualitas yang bisa bersama-sama dalam membangun Kota Samarinda,” kata Rusmadi dalam sambutannya. 

Dijelaskan pula bahwa untuk membangun Kota Samarinda sebagai pusat peradaban, harus bersama-sama seluruh stakeholder yang ada. “Saya mendampingi Bapak Wali Kota Andi Harun berkeinginan kuat untuk membangun Kota Samarinda sebagai pusat peradaban. Meski berat, tapi tidak ada yang sulit bila kita melakukan pembangunan secara bersama -sama untuk membangun Kota Samarinda ke depan.  Karena posisi Samarinda adalah kota bisnis, perdagangan, juga pusat pemerintahan sebagai Ibu Kota Provinsi Kaltim. Ke depan dengan dicanangkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara, diharapkan Kota Samarinda bisa menempatkan diri sebagai kota penyanggah IKN. Tentu ini akan memberikan tantangan tersendiri kepada kita semua. Sebagai ikon Ibu Kota Provinsi Kaltim, tentunya Kota Samarinda memiliki potensi yang besar di bidang ekonomi. Ke depannya Kota Samarinda harus bisa maju dan modern serta memberi kenyamanan bagi warganya terutama hunian, untuk melaksanakan aktivitas ekonomi dalam berbisnis serta aman dalam menjalankan ibadah,” jelas mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim ini.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan HPKR memiliki posisi yang penting, terutama membantu Pemkot Samarinda dalam fungsi retribusi pajaknya. “Dan tentu Pemkot Samarinda menyadari bahwa HPKR akan membantu melalui retribusi pajaknya. Mudah-mudahan dunia industri kontruksi reklame ini semakin berkembang bisa ikut meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah, Red) terutama dari pajak reklame. Saya tekankan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk izin-izin usaha, khususnya kontruksi reklame juga supaya diberi kemudahan. Karena itu akan meingkatkan PAD Kota Samarinda. Kalau nanti ada pungutan-pungutan di luar biaya yang resmi sewajarnya kami Pemkot Samarinda akan menindak siapa saja yang bertentangan dengan hukum,” jabarnya.  

Sementara itu Sur Gozal, Ketua terpilih HPKR periode 2021-2025 memastikan siap bekerja sama dan bersinergi dengan Pemkot Samarinda.

“HPKR Kota Samarinda siap bekerja sama dan bersinergi dengan jajaran terkait di Pemkot Samarinda dengan bersama membangun Kota Samarinda. Untuk anggota HPKR  Kota Samarinda juga berkomitmen bahwa pemasangan kontruksi reklame baru nantinya akan mematuhi perundang-undangan dan hukum yang berlaku. Kami juga akan menjaga nilai estetika serta keindahan Kota Samarinda. Tak lupa kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun yang telah membuka Musyawarah HPKR ke-3 pagi tadi dan Bapak Wakil Wali Kota Dr H Rusmadi yang telah melantik pengurus HPKR periode 2021-2025,” tutup Sur Gozal. (BAY/HER/KMF-SMD)