TOP NEWS

Top

TAPD Samarinda Serahkan Nota Keuangan KUPA PPAS

TAPD Samarinda Serahkan Nota Keuangan KUPA PPAS

SAMARINDA. Menjelang pengesahan APBD Perubahan, TAPD Samarinda akhirnya menyampaikan Nota Keuangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon dan Prioritas Anggaran Sementara Perubahan (KUPA PPAS) 2020 kepada Tim Badan Anggaran (Banggar) melalui telekonferensi. Namun sebagian anggota tampak hadir di Gedung Paripurna, Rabu (16/09).

 

Dari hasil penyampaian nota tersebut, Walikota Samarinda Syaharie Jaang melalui layar telekonferensi zoom nya mengatakan bahwa prediksi nilai APBD Perubahan 2020 senilai Rp 2,57 Trilyun. Awalnya diprediksi APBD Perubahan bisa mencapai Rp 3 Trilyun lebih. Namun Jaang mengakui daya beli dan perekonomian masyarakat kian menurun.

 

"Makanya target pendapatan tahun ini juga diturunkan," kata Jaang yang berada di aula serbaguna Rumah Jabatan Walikota.

 

Sedangkan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) senilai Rp 645 Milyar, sehingga total Anggaran Perubahan menjadi Rp 3,22 Trilyun.

 

Menurut Jaang, dari sisi pembiayaan memang mengalami penambahan, yaitu dari sisa anggaran tahun sebelumnya digabungkan dengan tahun ini, sehingga disebut SiLPA. Awalnya SiLPA hanya senilai Rp 113 Milyar. Saat ini mengalami penambahan Rp 645 Milyar.

 

Sementara itu Plt Ketua DPRD Samarinda Helmi Abdullah mengingatkan kepada Pemkot Samarinda agar lebih berhati-hati dengan penggunaan anggaran. Terlebih di sisa waktu yang sangat singkat ini. Namun dalam beberapa kali pembahasan Helmi menyebut bahwa Pemkot Samarinda sudah meyakinkan pihaknya untuk menyelesaikan sesuai dengan target penyerapan anggaran hingga akhir tahun.

 

Beberapa yang akan dibiayai paling penting kata Helmi yaitu untuk pendidikan, kesehatan, termasuk di dalamnya penggunaan anggaran untuk penanganan Covid-19 senilai Rp 77 Milyar dan sisanya untuk menjalankan kegiatan fisik yang sudah berkontrak.

 

"Kan banyak kegiatan sudah setengah berjalan, itu akan dilanjutkan lagi," pungkas Helmi. (don/kmf-smd)