TOP NEWS

Top

Pemkot Samarinda Ikuti Pelaksanaan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE, E-Kelurahan dan NPD 112 Jadi Unggulan

Pemkot Samarinda Ikuti Pelaksanaan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE, E-Kelurahan dan NPD 112 Jadi Unggulan

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda bersama perangkat daerah terkait lainnya mengikuti Pelaksanaan Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) secara virtual ini diikuti di ruang Command Centre Diskominfo Samarinda, Kamis (2/9/2021).

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil evaluasi mandiri SPBE tahun 2021 yang telah dilakukan Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, berdasarkan Peraturan KemenPANRB Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE juga Keputusan Kementerian PANRB Nomor 962 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi SPBE.

Asisten II Setda Samarinda Nina Endang Rahayu mengatakan  melalui kegiatan ini KemenPANRB ingin melihat sejauh mana komitmen pemerintah kota Samarinda dalam Pemerintahan Berbasis Elektronik tersebut, sehingga banyak hal yang diinterviukan terutama adalah dari sistem perencanaan.

Kemudian lanjut Nina pelaksanaan yang lebih penting lagi adalah kemanfaatannya bagi masyarakat agar tidak sampai SPBE ini hanya menjadi wacana dan program tapi tidak menyentuh kepada masyarakat.

“Untuk kota Samarinda program unggulannya adalah e-kelurahan,nomor  panggilan darurat (NPD) 112 dan lain-lain,” ucap Nina yang didampingi kepala Diskominfo Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah. 

Selanjutnya, Nina mengungkapkan perlu meningkatkan kedisiplinan serta produktivitas dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai aparatur sipil negara dan selalu melahirkan inovasi dalam kreativitas peningkatan disiplin di setiap OPD.

”Jadi, kita harus siap dalam mengikuti evaluasi dari Menpan melalui Deputi perumusan kebijakan dan koordinasi penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” tutupnya.(HEN/DON/KMF-SMD)