TOP NEWS

Top

Bahas Covid Hingga SKM, Danrem 091 Berkunjung Ke Balaikota

Bahas Covid Hingga SKM, Danrem 091 Berkunjung Ke Balaikota

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang didampingi Sekretaris Daerah Kota, Sugeng Chairuddin menerima kunjungan kerja Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro di Balaikota, Rabu (15/07) pagi.

 

Kedatangan Brigjen Cahyo ini didampingi langsung Komandan Dandim 0901 Samarinda, Kol Inf Oni Kristiyono dalam rangka menjalin silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas antara TNI dengan Pemerintah Kota Samarinda, khususnya mengenai penanganan masalah Covid-19 dan dukungan terhadap pembongkaran bangunan rumah SKM segmen belakang Pasar Segiri.

 

“Pada intinya kami hadir untuk mendukung program dari Pemerintah Daerah setempat, termasuk masalah Covid-19 dan SKM,” tutur Cahyo.

 

Terkait penanganan Covid-19, ia menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dandim Samarinda untuk melaksanakan patroli terkait penerapan protokol kesehatan di lingkup masyarakat. Hal ini jelas dia, setelah melihat perkembangan kasus penyebaran pandemi yang makin hari terus bertambah di Kota Tepian.

 

“Sebenarnya patroli yang kita lakukan nanti sembari sosialisasi betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tempat umum melihat kondisi sekarang,” ungkapnya.

 

Sedangkan untuk masalah SKM sendiri, Jenderal bintang dua ini menambahkan jika pihaknya siap mem-backup di lapangan setiap langkah dan kebijakan yang diambil Pemerintah dalam penanggulangan masalah banjir, khususnya melalui program revitalisasi bangunan di pinggir Sungai Mahakam.

 

“Tenang aja Pak Wali, kami mempunyai 700 personel Batalyon TNI yang siap turun di lapangan untuk mengamankan kebijakan Pemerintah,” tegasnya.

 

Sementara Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengaku bangga mendapat kunjungan dari pejabat Korem dan Kodim Samarinda. Ia mengakui suksesnya program Pemkot Samarinda saat ini tak lepas dari peran TNI yang selalu bersinergitas membangun kerjasama yang baik dan solid.

 

“Termasuk program normalisasi SKM yang sekarang ini tengah kita jalankan. Jujur tanpa dukungan teman-teman TNI dan Kepolisian di lapangan pastinya kami tidak bisa berbuat banyak dalam menghadapi kondisi sosial di lapangan,” aku Jaang.

 

Oleh itu, Walikota dua periode ini mengucapkan terima kasihnya kepada para prajurit TNI yang selalu mem-backup setiap kegiatan Pemerintah Kota yang bersentuhan dengan masyarakat. Termasuk salah satunya tambah dia yang berkaitan dengan penanganan penyebaran Covid-19 di Samarinda.

 

“Harus diakui Samarinda saat ini sudah masuk dalam tahap transmisi lokal untuk penyebaran Covid-19 setelah melihat kasus di Rumah Sakit IA Moeis kemarin. Untuk itu selaku Ketua Tim Gugus Tugas hari ini kami akan merapatkan kembali untuk mengevaluasi fase relaksasi di Samarinda yang sudah memasuki tahap tiga. Jadi harapan kita sekarang bagaimana caranya untuk memutus mata rantai penyebaran virus agar tidak meluas di Samarinda. Jadi saya sangat berterima kasih jika dari pihak TNI sudah mewacanakan untuk melakukan patroli protokol kesehatan sebagai langkah penyebaran,” kata Jaang. (cha/don/kmf-smd)