TOP NEWS

Top

Wali Kota : Boleh Berjualan, Asalkan Taat Prokes dan Tutup Pukul 21.00 WITA

Wali Kota : Boleh Berjualan, Asalkan Taat Prokes dan Tutup Pukul 21.00 WITA

SAMARINDA. KOMINFONEWS. Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun terus mengingatkan warganya untuk terus taat dan disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terus meningkat saat ini. Bahkan untuk memastikan itu, Jumat (9/7/2021) malam, orang nomor satu di Kota Samarinda ini memimpin langsung operasi yustisi ke sejumlah titik keramaian yang menjadi konsentrasi masyarakat di Kota Samarinda. 

Mulai dari Samarinda Central Plaza (SCP), salah satu hotel di Jalan Mulawarman, Komplek Citra Niaga, kafe di sepanjang Jalan Muso Salim, hingga terakhir di sejumlah warung kopi di daerah Voorvo, Samarinda Ulu. Selain memastikan taat prokes, juga untuk memastikan sejumlah tempat usaha itu taat terhadap Instruksi Wali Kota yang isinya wajib tutup pukul 21.00 WITA.

"Yang perlu kita ingatkan adalah di sini ada juga kepentingan kesehatan masyarakat banyak, di samping memang aktivitas ekonomi harus tetap berjalan dengan berjualan seperti ini. Ada beberapa kasus dari laporan Dinas Kesehatan bahwa ada keluarganya yang pulang dari kafe kemudian masuk ke rumah dan terinfeksi ke anggota keluarga yang lain. Ini yang perlu kita jaga," kata Wali Kota di sela-sela kegiatan operasi yustisi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu.


Kata AH-sapaan akrab Wali Kota Andi Harun, di samping masyarakat kecil mencari rezeki dengan berjualan, akan tetapi harus juga menjaga keselamatan dan kesehatan orang banyak.

"Malam ini saya bersama Pak Dandim, Kapolresta, beserta seluruh jajaran turut memantau langsung. Karena di dalam empat hari terakhir ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup besar," kata Wali Kota.

Ia berharap, Kota Samarinda tidak masuk dalam PPKM darurat. Oleh sebab itu, kesadaran masyarakat lebih penting saat ini di dalam memutus mata rantai Covid-19.

"Kalau semua masyarakat taat akan prokes, kita yakin kasus Covid-19 akan melandai. Dan kita pernah berhasil untuk itu. Kalau masyarakatnya disiplin, dalam beberapa hari ke depan kita bisa menekan. Karena sekali lagi, kuncinya sebenarnya ada di masyarakat," tegas Wali Kota. (BAR/HER/KMF-SMD)